PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TIPE JIGSAW TERHADAP KARAKTER SISWA PADA MATERI BANK DI KELAS X IPS MAN TAPANULI SELATAN CABANG SIPAGIMBAR
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh model pembelajaran tipe jigsaw terhadap karakter siswa pada materi Bank di kelas X IPS MAN Tapanuli Selatan Cabang Sipagimbar. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Mei sampai Juni 2019. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah 63 orang dan sampel untuk penelitian ini 31 orang dengan teknik pengumpulan data yaitu random sampling. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi dan angket. Data yang diperoleh dianalisis dengan analisis deskriptif dan analisis statistik inferensial. Berdasarkan analisis deskriptif diperoleh nilai rata-rata model pembelajaran tipe jigsaw masuk dalam kategori “Sangat Baik”. Karakter siswa masuk dalam kategori “Sangat Baik”. Selanjutnya dari hasil analisis statistik inferensial dengan menggunakan rumus uji “t”. Hasil perhitungan yang dilakukan diperoleh nilai “t” sebesar 2,510 dan nilai ttabel 1,699 (2,510>1,699) dengan nilai signifikan = 0,018 pada taraf kepercayaan 95% atau tingkat kesalahan (a) 5%=0,05. Dengan demikian, dapat diambil kesimpulan bahwa nilai Sig. lebih kecil dari a (0,018<0,05). Berarti hipotesis dalam penelitian ini signifikan antara model pembelajaran tipe jigsaw terhadap karakter siswa pada materi Bank di kelas X IPS MAN Tapanuli Selatan Cabang Sipagimbar.
Kata-kata kunci: Model Pembelajaran Tipe Jigsaw, Karakter Siswa