PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI MATERI POKOK UANG DI KELAS X IPS SMA NEGERI 1 ANGKOLA SELATAN

  • RUDINY SAPUTRA IPTS

Abstract

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk melihat adanya pengaruh penggunaan media audio visual di kelas X IPS SMA Negeri 1 Angkola Selatan, metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Populasi penelitian adalah keseluruhan siswa kelas X IPS SMA Negeri 1 Angkola Selatan  yang terdiri dari 2 kelas yang berjumlah 64 orang. sampel yang dianggap dapat mewakili semua populasi dengan menggunakan teknik perposive sampling, dengan jumlah siswa 30 orang.

Gambaran penggunaan Media Audio Visual diperoleh nilai rata-rata 4  berada pada kategori “Sangat Baik”. Gambaran hasil belajar ekonomi siswa sebelum menggunakan media audio visual  pada materi pokok Uang di kelas X SMA Negeri 1 Angkola Selatan diperoleh nilai rata-rata 61,00 berada pada kategori “Cukup”. Sedangkan hasil belajar ekonomi siswa sesudah menggunakan Media audio visual pada materi pokok Uang di kelas X SMA Negeri 1   Angkola Selatan diperoleh nilai rata-rata 82,17 berada pada kategori “Sangat Baik”dari perhitungan yang dilakukan di peroleh thitung sebesar   sedangkan ttabel pada taraf signifikan 95% dengan derajat kebebasan (dk) = N – 1 = 30– 1= 29. Dengan demikian dapat diketahui bahwa nilai thitung > ttabel  yaitu 10,356 > 1,699

 

Kata kunci: Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar Ekonomi, Materi

                      Pokok Uang

Published
2021-04-30
How to Cite
SAPUTRA, R. (2021, April 30). PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI MATERI POKOK UANG DI KELAS X IPS SMA NEGERI 1 ANGKOLA SELATAN. JURNAL MISI, 2(1), 78-85. Retrieved from https://jurnal.ipts.ac.id/index.php/MISI/article/view/1112

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.