UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS MENGGUNAKAN METODE PAIRED STORYTELLING PADA SISWA KELAS VII.2 SMP NEGERI 7 LUBUK BASUNG SEMESTER GANJIL TAHUN PELAJARAN 2019/2020

  • Salma S.Pd. SMP Negeri 7 Lubuk Basung

Abstrak

Penelitian ini berawal dari permasalahan dalam keterampilan berbicara pada pembelajaran Bahasa Inggris di kelas VII.2 SMP Negeri 7 Lubuk Basung, dimana sebagian besar siswa siswa memiliki kemampuan yang rendah dalam berbicara Bahasa Inggris, baik dari pelafalan, tata bahasa (grammar) dan kosa kata (vocabulary). Oleh karena itu, untuk meningkatkan keterampilan berbicara dalam pembelajaran Bahasa Inggris diterapkan Metode Paired Storytelling pada siswa kelas VII.2 SMP Negeri 7 Lubuk Basung. Hasil penelitian dari setiap siklus pembelajaran keterampilan berbicara dalam pembelajaran Bahasa Inggris yang telah dilaksanakan di kelas VII.2 SMP Negeri 7 Lubuk Basung menggunakan Metode Paired Storytelling menunjukkan adanya peningkatan baik proses pembelajaran maupun hasil belajar keterampilan berbicara siswa. Hal ini dapat dilihat dari pencapaian siswa dalam pembelajaran, dimana pada siklus I hasil belajar keterampilan berbicara siswa baru mencapai ketuntasan 58% dengan nilai rata-rata 69, sedangkan pada siklus II menunjukkan peningkatan cukup tinggi dengan ketuntasan 87,5% dan nilai rata-rata 81. Dapat disimpulkan penggunaan Metode Paired Storytelling dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa dalam pembelajaran Bahasa Inggris di VII.2 SMP Negeri 7 Lubuk Basung.

Diterbitkan
2020-03-05