https://jurnal.ipts.ac.id/index.php/BIOESA/issue/feedJURNAL EDUGENESIS2025-07-16T10:00:14+00:00Nurul Husna Siregarbio.ipts@gmail.comOpen Journal Systems<p>JURNAL EDUGENESIS; merupakan jurnal elektronik nasional yang diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Biologi, Fakultas Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FPMIPA) Institut Pendidikan Tapanuli Selatan (IPTS) dengan tujuan sebagai sarana publikasi hasil penelitian original dengan cakupan bidang Pendidikan, Biologi dan Pendidikan Biologi. Penerbitan jurnal dilakukan sebanyak empat bulan sekali yaitu pada bulan Januari, Mei dan September. Sebagai upaya untuk mewujudkan visi dan misi program studi khususnya dan Perguruan Tinggi umumnya. Jurnal edugenesis berberperan dalam mewadahi hasil pemikiran dan penelitian untuk mewujudkan sumber daya manusia yang berkualitas.</p>https://jurnal.ipts.ac.id/index.php/BIOESA/article/view/5374PENGARUH PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI DENGAN MODEL (PBL) TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI SMA NEGERI 3 PADANGSIDIMPUAN2025-07-16T10:00:14+00:00Yusnaini Rambeyusnainirambe@gmail.comRizky Amelia Dona Siregarkydona@gmail.comSri Rahmi Tanjungrahmi@gmail.com<p><strong>Abstrak. </strong>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat Pengaruh Pembelajaran Berdiferensiasi Dengan Model <em>Problem Based Learning</em> Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas X SMA Negeri 3 Padangsidimpuan. Penelitian ini dilakukan pada bulan November-April 2025. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode <em>Pre-Experimental Designs,</em> sedangkan design yang digunakan adalah <em>One grup Pre-test Post-test</em>. Populasi dalam penelitian ini adalah 288 orang. Sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan <em>Claster Sampling</em>. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi, angket dan tes. Data yang diperoleh dianalisis dengan analisis deskriptif dan analisis statistik inferensial dengan bantuan aplikasi SPSS 22 dan 27. Berdasarkan hasil analisis deskriptif penggunaan model pembelajaran <em>Problem Based Learning</em> diperoleh dengan nilai rata-rata 91,67 termasuk dalam kategori “Baik Sekali”. Hasil belajar siswa pada materi ekosistem dengan menggunakan model pembelajaran p<em>roblem Based Learning</em> diperoleh nilai rata-rata sebesar 69,3 yang termasuk dalam kategori “Cukup”. Selanjutnya adalah analisis inferensial dengan menggunakan uji “t-test”. Hasil perhitungan yang dilakukan dengan menggunakan bantuan SPSS 22 dan 27 diperoleh t<em><sub>hitung </sub></em>> t<em><sub>tabel </sub></em>yaitu 0,001 < 0,05, maka Ha diterima dan Ho ditolak, Artinya Terdapat Pengaruh Yang Signifikan Antara Penggunaan Pembelajaran Berdiferensiasi Dengan Model <em>Problem Based Learning</em> Terhadap Hasil Belajar Biologi siswa Kelas X SMA Negeri 3 Padangsidimpuan.</p> <p><strong>Kata Kunci: </strong>Pembelajaran Berdiferensiasi Model <em>PBL</em>, Hasil Belajar</p> <p> </p>2025-04-02T00:00:00+00:00##submission.copyrightStatement##https://jurnal.ipts.ac.id/index.php/BIOESA/article/view/5372A PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN (RMS) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATERI PEMANASAN GLOBAL KELAS X DI SMAN 5 PADANGSIDIMPUAN2025-07-16T10:00:14+00:00Widia Astuti Harahapwidiaastutiharahap30@gmail.comRizky Amelia Dona Siregarkydona@gmail.comSri Rahmi Tanjungrahmyief@gmail.com<p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat Pengaruh Model Pembelajaran (RMS) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sistem Pemanasan Global Kelas X Di SMA Negeri 5 Padangsidimpuan. Penelitian ini dilakukan dengan mengunakan metode kompratif dengan jenis penelitian adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode <em>Pre-Experimental Designs,</em> sedangkan desain yang digunakan adalah <em>One grup Pre-test Post-test</em> <em>Design</em>. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X yang berjumlah 246 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik Sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan <em>Cluster Sampling</em>. Sehingga didapat sampel penelitian sebanyak 35 siswa. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi dan Tes, yang dimana lembar observasi ditujukan kepada guru biologi sedangkan tes kepada siswa. Data yang diperoleh dianalisis dengan analisis deskriptif dan analisis statistik inferensial berbantuan aplikasi SPSS 22 dan 27. Berdasarkan hasil perhitungan analisis deskriptif tentang penggunaan model pembelajaran (RMS) diperoleh nilai rata-rata 90,33 kategori “Sangat Baik”. Selajutnya hasil belajar siswa pada materi pemanasan global dengan menggunakan model pembelajaran RMS diperoleh nilai rata-rata sebesar 79,86 dalam kategori “Sangat Baik”. Hasil perhitungan yang dilakukan dengan menggunakan bantuan SPSS 22 dan 27 ditemukan t<em><sub>hitung </sub></em>> t<em><sub>tabel </sub></em>yaitu 0,05 > 0,000, maka Ha diterima dan Ho ditolak, Artinya ada pengaruh pengaruh model pembelajaran RMS <em>(Reading, Mind Mapping and Sharing) </em>terhadap hasil belajar siswa pada materi sistem pemanasan global kelas X di SMA Negeri 5 Padangsidimpuan.</p> <p> </p> <p>Kata Kunci: Model Pembelajaran RMS <em>(Reading, Mind Mapping and Sharing), </em>Hasil Belajar Siswa</p>2025-04-02T00:00:00+00:00##submission.copyrightStatement##https://jurnal.ipts.ac.id/index.php/BIOESA/article/view/5348Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Kemampuan Berfikir Kritis Siswa Pada Materi Klasifikasi Makhluk Hidup Kelas X SMA Negeri 3 Padangsidimpuan2025-07-16T10:00:14+00:00Lisma ritongalismaritonga0102@gmail.comSri Rahmi Tanjungrahmyief@gmail.comRosniati Siregarrosniati@gmail.com<p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Kemampuan Berfikir Kritis Siswa Pada Materi Klasifikasi Makhluk Hidup Kelas X SMA Negeri 3 Padangsidimpuan. Penelitian ini dilakukan pada bulan November-April 2025. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode Pre-Experimental Designs, sedangkan design yang digunakan adalah One shot study case. Populasi dalam penelitian ini adalah 288 orang. Sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan Purvosif Sampling. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi dan Angket. Data yang diperoleh dianalisis dengan analisis deskriptif dan analisis statistik inferensial berbantuan aplikasi SPSS 27. Berdasarkan hasil analisis deskriptif Penggunaan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing diperoleh dengan dengan nilai rata-rata 83 termasuk dalam kategori “Baik”. Berfikir Kritis Siswa Pada Materi Klasifikasi Makhluk Hidup Kelas X SMA Negeri 3 Padangsidimpuan diperoleh nilai rata-rata sebesar 65,44 yang termasuk dalam kategori “Cukup”. Selanjutnya adalah analisis inferensial dengan menggunakan uji “t-test”. Hasil perhitungan yang dilakukan dengan menggunakan bantuan SPSS 27 diperoleh thitung > ttabel yaitu 0,000 < 26,541 maka Ha diterima dan Ho ditolak, Artinya ada Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Kemampuan Berfikir Kritis Siswa Pada Materi Klasifikasi Makhluk Hidup Kelas X SMA Negeri 3 Padangsidimpuan</p> <p> </p>2025-04-02T00:00:00+00:00##submission.copyrightStatement##https://jurnal.ipts.ac.id/index.php/BIOESA/article/view/5377PENGARUH PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN RESITASI TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI PADA MATERI EKOSISTEM DI KELAS X SMA NEGERI 3 PADANGSIDIMPUAN2025-07-16T10:00:14+00:00Khovifah Nawa Wulanknawawulanrambe@gmail.comSri Rahmi Tanjungrahmyief@gmail.comRosniati Tanjungrosniati@gmail.com<p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat Pengaruh Penggunaan Metode Pembelajaran Resitasi Terhadap Hasil Belajar Biologi Pada Materi Ekosistem Di Kelas X SMA Negeri 3 Padangsidimpuan. Penelitian ini dilakukan pada bulan November-April 2025. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode <em>Pre-Experimental Designs,</em> sedangkan design yang digunakan adalah <em>One grup Pre-test Post-test</em>. Populasi dalam penelitian ini adalah 288 orang. Sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan Purvosif Sampling. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi dan Tes. Data yang diperoleh dianalisis dengan analisis deskriptif dan analisis statistik inferensial berbantuan aplikasi SPSS 27. Berdasarkan hasil analisis deskriptif penggunaan metode pembelajaran Resitasi diperoleh dengan dengan nilai rata-rata 80,33 termasuk dalam kategori “Sangat Baik”. Hasil belajar siswa pada materi ekosistem dengan menggunakan metode pembelajaran Resitasi diperoleh nilai rata-rata sebesar 68,61 yang termasuk dalam kategori “Cukup”. Selanjutnya adalah analisis inferensial dengan menggunakan uji “t-test”. Hasil perhitungan yang dilakukan dengan menggunakan bantuan SPSS 27 diperoleh t<em><sub>hitung </sub></em>> t<em><sub>tabel </sub></em>yaitu 0,000 < 0,05, maka Ha diterima dan Ho ditolak, Artinya ada pengaruh pengaruh penggunaan metode pembelajaran resitasi terhadap hasil belajar biologi pada materi ekosistem di kelas X SMA Negeri 3 Padangsidimpuan.</p>2025-04-02T00:00:00+00:00##submission.copyrightStatement##https://jurnal.ipts.ac.id/index.php/BIOESA/article/view/5379PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PREDICT OBSERVE EXPLAIN TERHADAP KEJENUHAN SISWA PADA PELAJARAN BIOLOGI DI KELAS XI MIPA 11 MAN TAPANULI SELATAN LOKASI SIPANGE GODANG2025-07-16T10:00:14+00:00Sri Surya Rahmadanirahmadanisrisurya@gmail.comRizky Amelia Dona Siregarkydona@gmail.comSeri Irawati Barubaraseriirawati@gmail.com<p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat Pengaruh Model Pembelajaran <em>Predict </em></p> <p><em>Observe Explain</em> Terhadap Kejenuhan Siswa Di Kelas XI MIPA 11 MAN Tapanuli Selatan Lokasi Sipange Godang. Penelitian ini dilakukan pada bulan November-April 2025. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode <em>Pre-Experimental Designs,</em> sedangkan design yang digunakan adalah <em>One Shot Case Study</em>. Populasi dalam penelitian ini adalah 26 orang. Sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan Total Sampling. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi dan Tes. Data yang diperoleh dianalisis dengan analisis deskriptif dan analisis statistik inferensial berbantuan aplikasi SPSS 27. Berdasarkan hasil analisis deskriptif penggunaan Model Pembelajaran <em>Predict Observe Explain</em> diperoleh dengan nilai rata-rata 87,5 termasuk dalam kategori “Baik Sekali”. Tingkat kejenuhan siswa pada pelajaran biologi materi pertumbuhan dan perkembangan pada makhluk hidup dengan menggunakan model pembelajaran</p> <p><em>Predict Observe Explain</em> diperoleh nilai rata-rata sebesar 98,92 yang termasuk dalam kategori “Baik Sekali”. Selanjutnya adalah analisis inferensial dengan menggunakan uji “t-test”. Hasil perhitungan yang dilakukan dengan menggunakan bantuan SPSS 27 diperoleh t<em><sub>hitung </sub></em>> t<em><sub>tabel </sub></em>yaitu 154,696 > 1,706, maka Ha diterima dan Ho ditolak, Artinya terdapat pengaruh Model Pembelajaran <em>Predict Observe Explain</em> Terhadap Kejenuhan Siswa Di Kelas XI MIPA 11 MAN Tapanuli Selatan Lokasi Sipange Godang.</p> <p> </p>2025-04-02T00:00:00+00:00##submission.copyrightStatement##