https://jurnal.ipts.ac.id/index.php/BIOESA/issue/feed JURNAL EDUGENESIS 2024-06-28T11:00:27+07:00 Nurul Husna Siregar bio.ipts@gmail.com Open Journal Systems <p>JURNAL EDUGENESIS; merupakan jurnal elektronik nasional yang diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Biologi, Fakultas Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FPMIPA) Institut Pendidikan Tapanuli Selatan (IPTS) dengan tujuan sebagai sarana publikasi hasil penelitian original dengan cakupan bidang Pendidikan, Biologi dan Pendidikan Biologi. Penerbitan jurnal dilakukan sebanyak empat bulan sekali yaitu pada bulan Januari, Mei dan September.&nbsp;Sebagai upaya untuk mewujudkan visi dan misi program studi khususnya dan Perguruan Tinggi umumnya. Jurnal edugenesis berberperan dalam mewadahi hasil pemikiran dan penelitian untuk mewujudkan sumber daya manusia yang berkualitas.</p> https://jurnal.ipts.ac.id/index.php/BIOESA/article/view/1780 PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA PADA MATERI SISTEM ENDOKRIN DI KELAS XI IPA SMA NEGERI 1 PADANG BOLAK JULU 2024-06-28T11:00:26+07:00 Sahat Pasaribu sahatpasaribu277@gmail.com Perima Simbolon perimas@gmail.com Nabilah Siregar Nabilahs@gmail.com <p><strong><em>Abstrak. </em></strong><em>Penelitian ini bertujuan </em><em>untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran picture and picture terhadap hasil belajar biologi siswa pada materi sistem endokrin di kelas XI IPA SMA Negeri 1 Padang Bolak Julu. Penelitian ini dilaksanakan di </em><em>SMA Negeri 1 Padang Bolak. </em><em>Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain one group pretest posttest desaign. Populasi penelitian ini seluruh siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Padang Bolak yang berjumlah tiga kelas dengan jumlah 79 siswa. Sampel dalam penelitian ini </em><em>yaitu kelas XI IPA 1 dan berjumlah 26 siswa dengan teknik random sampling. </em><em>Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan tes. Selanjutnya data yang telah terkumpul dianalisis dengan dua cara yaitu analisis deskriptif dan analisis statistik inferensial</em><em>. Berdasarkan hasil analisis data yang dilakukan diketahui bahwa gambaran penggunaan model pembelajaran picture and picture diperoleh nilai sebesar 2.68 berada pada kategori baik. Gambaran hasil pretest diperoleh nilai rata-rata sebesar 70.17 berada pada kategori “cukup”. Sedangkan hasil posttestdiperoleh nilai rata-rata sebesar 77.27 berada pada kategori “baik”. </em><em>Berdasarkan hasil </em><em>uji hipotesis diperoleh hasil nilai t<sub>hitung</sub>&nbsp; lebih besar dari t<sub>tabel</sub>&nbsp; yakni 5.028 &gt; dari 1,711 artinya</em><em> terdapat pengaruh yang signifikan antara penggunaan model pembelajaran picture and picture terhadap hasil belajar biologi siswa pada materi sistem endokrin di kelas XI IPA SMA Negeri 1 Padang Bolak Julu.</em></p> <p><em>&nbsp;</em></p> <p><strong><em>Kata kunci: Metode Picture and Picture, Hasil Belajar Sistem Endokrin</em></strong></p> 2024-04-01T00:00:00+07:00 ##submission.copyrightStatement## https://jurnal.ipts.ac.id/index.php/BIOESA/article/view/1883 ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI KELAS X IPA DI KELURAHAN LUMUT KABUPATEN TAPANULI TENGAH 2024-06-28T11:00:26+07:00 Afrina Harahap afrinarina2019@gmail.com Rizky Amelia Dona Siregar kydona@gmail.com Itgo Hatci itgo@gmail.com <p><strong>Abstrak<em>.</em></strong><em>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran</em><em>kemampuanberpikirkritissiswa pada matapelajaranbiologikelas X IPA di kelurahanlumutkabupatentapenulitengah</em><em>. Jenis metode yang digunakan adalah </em><em>dekriptifkualitatif</em><em>. </em><em>DenganmelibatkanRespondensebanyak 30 siswa IPA Kelas X di kelurahanlumutkabupatentapanulitengah. Instrumenpengmbilan data denganmenggunakanangket. Teknik analisis data menggunakanreduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil penelitianmenunjukkankemampuanberpikirkritissiswa di perolahnilai rata-rata 65,25 berada pada kategoricukup. </em><em>Dengan rincian sebagai berikut interprestasi sebesar </em><em>87</em><em>% berada pada kategori sangat baik,analisis sebesar </em><em>7</em><em>8% berada pada kategoribaik, evaluasi sebesar </em><em>3</em><em>8% berada pada kategori </em><em>gagal</em><em> dan inferensi sebesar </em><em>5</em><em>8 % berada pada kategori </em><em>kurang</em><em>.</em></p> 2024-04-01T00:00:00+07:00 ##submission.copyrightStatement## https://jurnal.ipts.ac.id/index.php/BIOESA/article/view/5013 ANALISIS PENGETAHUAN PENCEMARAN LINGKUNGAN TERHADAP PERILAKU MAHASISWA PENDIDIKAN BIOLOGI INSTITUT PENDIDIKAN TAPANULI SELATAN DALAM MENJAGA KEBERSIHAN LINGKUNGAN 2024-06-28T11:00:26+07:00 Adi Saputra Lubis as1895424@gmail.com Rizky Amelia Dona Siregar kydona@gmail.com Nabilah Siregar Nabilahs@gmail.com <p><strong>Abstrak</strong><strong>; </strong>Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis antara pengetahuan pencemaran lingkungan terhadap perilaku mahasiswa institut pendidikan tapanuli selatan dalam menjaga kebersihan lingkungan.Adapun jenis metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Penelitian ini akan dilaksanakan di Institut Pendidikan Tapanuli Selatan. Peneliti mengambil informan penelitian yaitu mahasiswa Pendidikan Biologi semester II, IV, dan VI tahun akademik 2022/2023 IPTS berjumlah 52 mahasiswa.Data primer yaitu mahasiswa pendidikan biologi semester II, IV, dan VI tahun akademik 2022/2023.Sumber data membagikan angket kepada mahasiswa pendidikan biologi semester II, IV, dan VI,Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi. Analisis data yang digunakan deskriptif kualitatif Tujuan penelitian ini adalah sebagai berikut: Untuk melihat gambaran tentang pengetahuan pencemaran lingkungan Institut Pendidikan Tapanuli Selatan. Untuk melihat gambaran tentang perilaku mahasiswa Institut Pendidikan Tapanuli Selatan dalam menjaga kebersihan lingkungan.Untuk Menganalisis Antara Pengetahuan Pencemaran Lingkungan Dengan Perilaku Mahasiswa Institut Pendidikan Tapanuli Selatan Dalam Menjaga Kebersihan Lingkungan. Pengetahuan pencemaran lingkungan semester II, IV, dan VI di Institut Pendidikan Tapanuli Selatan diperoleh nilai rata-rata 86,43%, dapat dikategorikan “Sangat Baik”.Perilaku menjaga kebersihan lingkungan semester II, IV, dan VI di Institut Pendidikan Tapanuli Selatan diperoleh nilai rata-rata 93,32%,dapat dikategorikan“Sangat Baik”. Analisis hubungan yang signifikan antara pengetahuan pencemaran lingkungan dengan perilaku mahasiswa Institut Pendidikan Tapanuli Selatan dalam menjaga kebersihan lingkungan.</p> <p><strong>Kata kunci</strong>: Analisis, Pengetahuan Pencemaran Lingkungan, Perilaku Mahasiswa, Kebersihan Lingkungan.</p> 2024-04-01T00:00:00+07:00 ##submission.copyrightStatement## https://jurnal.ipts.ac.id/index.php/BIOESA/article/view/1760 PENGUNAAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASI JELAJAH ALAM SEKITAR ( JAS) TERHADAP KARAKTER SISWA MATA PELAJARAN BIOLOGI SISWA KELAS X SMA NEGERI 2 SIABU 2024-06-28T11:00:27+07:00 Rahma Yanti rahmayantihasibuan21@gmail.com Rizky Amelia Dona Siregar kydona@gmail.com Ermawita Ermawita erma@gmail.com <p><strong>Abstrak</strong><em>.Berdasarkan penelitian di SMA Negeri 2 Siabu di temukan permasalah yaitu penggunaan perangkat pembelajaran biologi masih minim untuk membentuk karakter siswa,maka dengan masalah tersebut p</em><em>enelitian ini bertujuan untuk </em><em>mengetahui penggunaan perangkat pembelajaran berbasis jelajah alam sekitar (JAS) terhadap karakter siswa mata pelajaran biologi siswa kelas X SMA Negeri 2 Siabu</em><em>.</em><em> Metode yang digunakan dalam penelitian ini adaah metode penelitian yang melibatkan sampel </em><em>sebanyak </em><em>23 peserta didik</em> <em>kelas X </em><em>IPA</em><em> 1 SMA Negeri 2 Siabu dengan </em><em>Instrument </em><em>penelitian </em><em>adalah</em><em> angket, observasi, wawancara dan dokumentasi. </em><em>Teknik analisis data menggunakan</em><em> analisis deskriptif dan analisis inferensial</em><em>. Hasil penelitian menunjukan</em><em> bahwa penggunaan perangkat pembelajaran JAS pada lembar observasi diperoleh nilai rata-rata 92,5 berada pada kategori sangat baik</em><em>.</em><em> Adapun data nilai karakter peserta didik diperoleh nilai rata-rata 70,36 berada pada kategori baik, dan dat nilai penggunaan perangkat pembelajran JAS terhadap karakter peserta didik pada mata pelajaran biologi diperoleh nilai rata-rata 84,34dengan kategori sangat baik. Pada uji normalitas penggunaan perangkat pembeljaran berbasis JAS pada mata pelajaran biologi diperoleh data berdistribusi normal </em><em>yaitu</em> <em>-98,95 &lt; 3,841</em><em>dan karakter peserta didik pada mata pelajaran&nbsp; biologi&nbsp; yaitu</em><em>–105&lt;14,06</em> <em>dan uji homogenitas penggunaan perangkat pembelajaran berbasis JAS terhadap karakter peserta didik mata pelajaran biologi siswa kelas X SMA Negeri 2 Siabu diperoleh data homogen yaitu </em><em>2,01 &lt; 3,49</em><em>, uji-t&nbsp; dipeoleh nilai data </em><em>sebesar 0,000&lt;0,05, </em><em>dengan demikian dapat di tarik kesimpulan yaitu </em><em>Ha diterima dan Ho ditolak. Artinya t</em><em>e</em><em>rdapat pengaruh penggunaan perangkat pembelajaran berbasis jelajah alam sekitar (JAS) terhadap karakter siswa mata pelajaran biologi siswa kelas X SMA Negeri 2 Siabu.</em></p> <p><strong><em>&nbsp;</em></strong></p> <p><strong><em>Kata kunci : J</em></strong><strong><em>elajah </em></strong><strong><em>A</em></strong><strong><em>lam</em></strong><strong><em> S</em></strong><strong><em>ekitar (JAS), </em></strong><strong><em>K</em></strong><strong><em>arakter </em></strong><strong><em>S</em></strong><strong><em>isw</em></strong><strong><em>a</em></strong><strong><em>, </em></strong><strong><em>P</em></strong><strong><em>embelajaran </em></strong><strong><em>B</em></strong><strong><em>iologi</em></strong></p> 2024-04-01T00:00:00+07:00 ##submission.copyrightStatement## https://jurnal.ipts.ac.id/index.php/BIOESA/article/view/1991 PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN GALLERY WALK TERHADAP KREATIVITAS DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWAPADA MATERI PROTISTA DI KELAS X SMA NEGERI 1BATANG ONANG 2024-06-28T11:00:27+07:00 Evita Sari Harahap evitasariharahap20@gmail.com Nabilah Siregar Nabilahs@gmail.com Perima Simbolon perimas@gmail.com <p><strong>Abstrak</strong>.<em>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Gallery Walk Terhadap Kreativitas dan Hasil Belajar Biologi Siswa Pada Materi Protista di Kelas X SMA Negeri 1 Batang Onang. Populasi penelitian ini adalah siswa Kelas X MIA<sup>1</sup> dengan penetapan sampel menggunakan total sampling yang sampelnya adalah 30 orang siswa. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Berdasarkan hasil perhitungan analisis statistik nilai rata-rata kreativitas menggunakan model pembelajaran Gallery Walk sebesar 81,3 Predikat “Tinggi”, sedangkan nilai rata-rata hasil belajar biologi siswa pada materi protista menggunakan Model Pembelajaran Gallery Walk sebesar 77,87 predikat “Tinggi”. Agar diketahui hipotesis diterima atau ditolak, maka Analisis Diferensial menggunakan rumus uji “t-tets”. Berdasarkan hasil perhitungan diperoleh nilai “t-hitung” sebesar 4,78, sedangkan “t-tabel” pada taraf kepercayaan 95% dengan tingkat kesalahan 5% dengan derajat kebebasan (dk) = N – 1= 28 adalah 1,70 maka t-hitung lebih besar dari t-tabel (4,78&gt;1,70). Berarti hipotesis yang ditegakkan pada penelitian ini dapat diterima atau tidak disetujui terhadap kreativitas dan hasil belajar biologi siswa pada materi protista di kelas X SMA Negeri 1 Batang Onang.</em></p> 2024-04-01T00:00:00+07:00 ##submission.copyrightStatement## https://jurnal.ipts.ac.id/index.php/BIOESA/article/view/5133 EFEKTIVITAS PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN GALLERY WALK TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK TUMBUHAN PAKU DI KELAS X SMA NEGERI 5 PADANGSIDIMPUAN 2024-06-28T11:00:27+07:00 Debora Ivana Beatrik Beatrik@gmail.com Nurhidaya Fithriyah Nasution Nasution2@gmail.com Perima Simbolon perimas@gmail.com <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat efektivitas metode pembelajaran gallery walk <br>terhadap minat belajar siswa pada materi pokok tumbuhan paku di kelas X SMA Negeri 5 Padangsidimpuan. <br>Jenis metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 125 <br>siswa dan sampel penelitian 1 kelas yang berjumlah 30 orang. Teknik pengambilan sampel yaitu Random <br>Sampling. Instrumen penelitian yang digunakan adalah observasi dan angket. Berdasarkan perhitungan dari <br>penggunaan metode pembelajaran Gallery Walk di peroleh nilai rata-rata 71 berada pada kategori “Baik”<br>Sedangkan minat belajar siswa menggunakan metode pembelajaran Gallery Walk diperoleh nilai rata-rata 75 yang <br>berada pada kategori “Baik”. Hasil rekapitulasi angket memperoleh nilai rata-rata rasio efektivitas sebesar 75% <br>masuk dalam kategori “Efektif”. Dengan demikian penggunaan metode pembelajaran Gallery Walk efektif dalam <br>peningkatan minat belajar siswa kelas X di SMA Negeri 5 Padangsidimpuan dan hipotesis yang diajukan <br>diterima.</p> 2024-04-01T00:00:00+07:00 ##submission.copyrightStatement##