PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PREDICT OBSERVE EXPLAIN TERHADAP KEJENUHAN SISWA PADA PELAJARAN BIOLOGI DI KELAS XI MIPA 11 MAN TAPANULI SELATAN LOKASI SIPANGE GODANG

  • Sri Surya Rahmadani Institut Pendidikan Tapanuli Selatan
  • Rizky Amelia Dona Siregar
  • Seri Irawati Barubara
Keywords: Model Pembelajaran Predict Observe Explain, Kejenuhan Siswa

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat Pengaruh Model Pembelajaran Predict

Observe Explain Terhadap Kejenuhan Siswa Di Kelas XI MIPA 11 MAN Tapanuli Selatan Lokasi Sipange Godang. Penelitian ini dilakukan pada bulan November-April 2025. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode Pre-Experimental Designs, sedangkan design yang digunakan adalah One Shot Case Study. Populasi dalam penelitian ini adalah 26 orang. Sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan Total Sampling. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi dan Tes. Data yang diperoleh dianalisis dengan analisis deskriptif dan analisis statistik inferensial berbantuan aplikasi SPSS 27. Berdasarkan hasil analisis deskriptif penggunaan Model Pembelajaran Predict Observe Explain diperoleh dengan nilai rata-rata 87,5 termasuk dalam kategori “Baik Sekali”. Tingkat kejenuhan siswa pada pelajaran biologi materi pertumbuhan dan perkembangan pada makhluk hidup dengan menggunakan model pembelajaran

Predict Observe Explain diperoleh nilai rata-rata sebesar 98,92 yang termasuk dalam kategori “Baik Sekali”. Selanjutnya adalah analisis inferensial dengan menggunakan uji “t-test”. Hasil perhitungan yang dilakukan dengan menggunakan bantuan SPSS 27 diperoleh thitung  > ttabel  yaitu 154,696 > 1,706, maka Ha diterima dan Ho ditolak, Artinya terdapat pengaruh Model Pembelajaran Predict Observe Explain Terhadap Kejenuhan Siswa Di Kelas XI MIPA 11 MAN Tapanuli Selatan Lokasi Sipange Godang.

 

Published
2025-04-02
How to Cite
Rahmadani, S., Siregar, R., & Barubara, S. (2025, April 2). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PREDICT OBSERVE EXPLAIN TERHADAP KEJENUHAN SISWA PADA PELAJARAN BIOLOGI DI KELAS XI MIPA 11 MAN TAPANULI SELATAN LOKASI SIPANGE GODANG. JURNAL EDUGENESIS, 8(1), 31-35. Retrieved from https://jurnal.ipts.ac.id/index.php/BIOESA/article/view/5379