PENGARUH PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN RESITASI TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI PADA MATERI EKOSISTEM DI KELAS X SMA NEGERI 3 PADANGSIDIMPUAN

  • Khovifah Nawa Wulan Institut Pendidikan Tapanuli Selatan
  • Sri Rahmi Tanjung
  • Rosniati Tanjung

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat Pengaruh Penggunaan Metode Pembelajaran Resitasi Terhadap Hasil Belajar Biologi Pada Materi Ekosistem Di Kelas X SMA Negeri 3 Padangsidimpuan. Penelitian ini dilakukan pada bulan November-April 2025. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode Pre-Experimental Designs, sedangkan design yang digunakan adalah One grup Pre-test Post-test. Populasi dalam penelitian ini adalah 288 orang. Sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan Purvosif Sampling. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi dan Tes. Data yang diperoleh dianalisis dengan analisis deskriptif dan analisis statistik inferensial berbantuan aplikasi SPSS 27. Berdasarkan hasil analisis deskriptif penggunaan metode pembelajaran Resitasi diperoleh dengan dengan nilai rata-rata 80,33 termasuk dalam kategori “Sangat Baik”. Hasil belajar siswa pada materi ekosistem dengan menggunakan metode pembelajaran Resitasi diperoleh nilai rata-rata sebesar 68,61 yang termasuk dalam kategori “Cukup”. Selanjutnya adalah analisis inferensial dengan menggunakan uji “t-test”. Hasil perhitungan yang dilakukan dengan menggunakan bantuan SPSS 27 diperoleh thitung  > ttabel  yaitu 0,000 < 0,05, maka Ha diterima dan Ho ditolak, Artinya ada pengaruh pengaruh penggunaan metode pembelajaran resitasi terhadap hasil belajar biologi pada materi ekosistem di kelas X SMA Negeri 3 Padangsidimpuan.

Diterbitkan
2025-04-02