PENGARUH PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI DENGAN MODEL (PBL) TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI SMA NEGERI 3 PADANGSIDIMPUAN

  • Yusnaini Rambe institut pendidikan tapanuli selatan
  • Rizky Amelia Dona Siregar
  • Sri Rahmi Tanjung

Abstract

Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat Pengaruh Pembelajaran Berdiferensiasi Dengan Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas X SMA Negeri 3 Padangsidimpuan. Penelitian ini dilakukan pada bulan November-April 2025. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode Pre-Experimental Designs, sedangkan design yang digunakan adalah One grup Pre-test Post-test. Populasi dalam penelitian ini adalah 288 orang. Sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan Claster Sampling. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi, angket dan tes. Data yang diperoleh dianalisis dengan analisis deskriptif dan analisis statistik inferensial dengan bantuan aplikasi SPSS 22 dan 27. Berdasarkan hasil analisis deskriptif penggunaan model  pembelajaran Problem Based Learning diperoleh dengan nilai rata-rata 91,67 termasuk dalam kategori “Baik Sekali”. Hasil belajar siswa pada materi ekosistem dengan menggunakan model pembelajaran problem Based Learning diperoleh nilai rata-rata sebesar 69,3 yang termasuk dalam kategori “Cukup”. Selanjutnya adalah analisis inferensial dengan menggunakan uji “t-test”. Hasil perhitungan yang dilakukan dengan menggunakan bantuan SPSS 22 dan 27 diperoleh thitung  > ttabel  yaitu 0,001 < 0,05, maka Ha diterima dan Ho ditolak, Artinya Terdapat Pengaruh Yang Signifikan Antara Penggunaan Pembelajaran Berdiferensiasi Dengan Model Problem Based Learning  Terhadap Hasil Belajar Biologi siswa Kelas X SMA Negeri 3 Padangsidimpuan.

Kata Kunci: Pembelajaran Berdiferensiasi Model PBL, Hasil Belajar

 

Published
2025-04-02
How to Cite
Rambe, Y., Siregar, R., & Tanjung, S. (2025, April 2). PENGARUH PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI DENGAN MODEL (PBL) TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI SMA NEGERI 3 PADANGSIDIMPUAN. JURNAL EDUGENESIS, 8(1), 1-7. Retrieved from https://jurnal.ipts.ac.id/index.php/BIOESA/article/view/5374