A PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN (RMS) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATERI PEMANASAN GLOBAL KELAS X DI SMAN 5 PADANGSIDIMPUAN

  • Widia Astuti Harahap Institut Pendidikan Tapanuli Selatan
  • Rizky Amelia Dona Siregar
  • Sri Rahmi Tanjung

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat Pengaruh Model Pembelajaran (RMS) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sistem Pemanasan Global Kelas X  Di SMA Negeri 5 Padangsidimpuan. Penelitian ini dilakukan dengan mengunakan metode kompratif  dengan jenis penelitian adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode Pre-Experimental Designs, sedangkan desain yang digunakan adalah One grup Pre-test Post-test Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X yang berjumlah 246 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik  Sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan Cluster Sampling. Sehingga didapat sampel penelitian sebanyak 35 siswa. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi dan Tes, yang dimana lembar observasi ditujukan kepada guru biologi sedangkan tes kepada siswa. Data yang diperoleh dianalisis dengan analisis deskriptif dan analisis statistik inferensial berbantuan aplikasi SPSS 22 dan 27. Berdasarkan hasil perhitungan analisis deskriptif tentang penggunaan model pembelajaran (RMS) diperoleh nilai rata-rata 90,33 kategori “Sangat Baik”. Selajutnya hasil belajar siswa pada materi pemanasan global dengan menggunakan model pembelajaran RMS diperoleh nilai rata-rata sebesar 79,86 dalam kategori “Sangat Baik”. Hasil perhitungan yang dilakukan dengan menggunakan bantuan SPSS 22 dan 27 ditemukan thitung  > ttabel  yaitu 0,05 > 0,000, maka Ha diterima dan Ho ditolak, Artinya ada pengaruh pengaruh model pembelajaran RMS (Reading, Mind Mapping and Sharing) terhadap hasil belajar siswa pada materi sistem pemanasan global  kelas X di SMA Negeri 5 Padangsidimpuan.

 

Kata Kunci: Model Pembelajaran RMS (Reading, Mind Mapping and Sharing), Hasil Belajar Siswa

Published
2025-04-02
How to Cite
Harahap, W., Siregar, R., & Tanjung, S. (2025, April 2). A PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN (RMS) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATERI PEMANASAN GLOBAL KELAS X DI SMAN 5 PADANGSIDIMPUAN. JURNAL EDUGENESIS, 8(1), 8-13. Retrieved from https://jurnal.ipts.ac.id/index.php/BIOESA/article/view/5372