Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Kemampuan Berfikir Kritis Siswa Pada Materi Klasifikasi Makhluk Hidup Kelas X SMA Negeri 3 Padangsidimpuan

  • Lisma ritonga Institut Pendidikan Tapanuli Selatan
  • Sri Rahmi Tanjung
  • Rosniati Siregar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Kemampuan Berfikir Kritis Siswa Pada Materi Klasifikasi Makhluk Hidup Kelas X SMA Negeri 3 Padangsidimpuan. Penelitian ini dilakukan pada bulan November-April 2025. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode Pre-Experimental Designs, sedangkan design yang digunakan adalah One shot study case. Populasi dalam penelitian ini adalah 288 orang. Sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan Purvosif Sampling. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi dan Angket. Data yang diperoleh dianalisis dengan analisis deskriptif dan analisis statistik inferensial berbantuan aplikasi SPSS 27. Berdasarkan hasil analisis deskriptif Penggunaan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing diperoleh dengan dengan nilai rata-rata 83 termasuk dalam kategori “Baik”. Berfikir Kritis Siswa Pada Materi Klasifikasi Makhluk Hidup Kelas X SMA Negeri 3 Padangsidimpuan diperoleh nilai rata-rata sebesar 65,44 yang termasuk dalam kategori “Cukup”. Selanjutnya adalah analisis inferensial dengan menggunakan uji “t-test”. Hasil perhitungan yang dilakukan dengan menggunakan bantuan SPSS 27 diperoleh thitung > ttabel yaitu 0,000 < 26,541 maka Ha diterima dan Ho ditolak, Artinya ada Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Kemampuan Berfikir Kritis Siswa Pada Materi Klasifikasi Makhluk Hidup Kelas X SMA Negeri 3 Padangsidimpuan

 

Published
2025-04-02
How to Cite
ritonga, L., Tanjung, S., & Siregar, R. (2025, April 2). Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Kemampuan Berfikir Kritis Siswa Pada Materi Klasifikasi Makhluk Hidup Kelas X SMA Negeri 3 Padangsidimpuan. JURNAL EDUGENESIS, 8(1), 14-21. Retrieved from https://jurnal.ipts.ac.id/index.php/BIOESA/article/view/5348