PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN COURSE REVIEW HORAY TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATERI SISTEM PERNAPASAN PADA MANUSIA DI KELAS XI IPA 1 SMA NEGERI 6 PADANGSIDIMPUAN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk melihat apakah model pembelajaran berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada materi sistem pernapasan pada manusia di kelas XI IPA 1 SMA Negeri 6 Padangsidimpuan, jenis penelitian ini dengan menggunakan penelitian kuantitatif dengan menerapkan desain true eksperimental. Dalam melakukan penelitian ini populasi di kelas XI IPA 1 berjumlah 35 siswa. teknik pengambilan sampel yang dilakukan adalah dengan teknik total sampling. Dalam pengumpulan data yang dilakukan peneliti yaitu dengan observasi dan tes adapun dua acara yang digunakan dalam mengolah data yaitu analisis deskriftif dan stratistik inferensial. Berdasarkan hasil perhitungan pada analisis deskriftif ditemukan bahwa nilai rata – rata dengan menggunakan model pembelajaran pada materi sistem pernapasan pada manusia dengan menggunakan sebaran lembar observasi dihasilkan jumlah 86,66 berada pada kategori “Sangat Baik”, sedangkan pada hasil belajar siswa pada materi sistem pernapasan pada manusia dengan dilakukannya pre test dengan nilai 45 apabila dikategorikan “Gagal” dan setelah dilakukannya model pembelajaran dan diberikan post test ditemukan hasil nilai rata – rata sebesar 74,42 apabila dikategorikan “baik”. Berdasarkan hasil analisis statistik inferensial dengan dilakukan nya uji “t” berdasarkan hasil perhitungan yang dilakukan diperoleh nilai thitung sebesar 14,670 pada taraf kepercayaan 95% atau tingkat kesalahan sebesar 5 % dari dk=N-1=35-2 = 33, maka diperoleh nilai ttabel sebesar ( 1,691 > 0,05) sehingga pada hipotesisi alternatif yang dilakukan dalam penelitian ini dapat diterima atau disetujui kebenarannya. Sehingga terdapat pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran Course Review Horay terhadap hasil belajar siswa pada materi sistem pernapasan pada manusia di kelas XI IPA 1 SMA Negeri 6 Padangsidimpuan.