PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PQ4R (PREVIEW,QUESTION, READ REFLECT,RECITE,REVIEW) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI MIA 3 PADA MATERI SISTEM EKSKRESI DI SMA NEGERI 4 PADANGSIDIMPUAN

  • Elsa Kania Hasibuan IPTS Padangsidimpuan
  • Rizky Amelia Dona Siregar
  • Sri Rahmi Tanjung

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat apakah model pembelajaran PQ4R berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada materi sistem ekskresi di kelas XI MIA 3 di SMA Negeri 4 Padangsidimpuan. Pengumpulan data yang dilakukan peneliti yaitu dengan observasi dan tes adapun dua acara yang digunakan dalam mengolah data yaitu analisis deskriftif dan stratistik inferensial. Berdasarkan hasil perhitungan pada analisis deskriftif ditemukan bahwa nilai rata – rata dengan menggunakan model pembelajaran PQ4R pada materi sisrem ekskresi dengan menggunakan sebaran lembar observasi dihasilkan jumlah 85,25 berada pada kategori “Sangat Baik”, sedangkan pada hasil belajar siswa pada materi sistem ekskresi dengan dilakukannya pre test dengan nilai 47,12 apabila dikategorikan “Gagal” dan setelah dilakukan nya model pembelajaran PQ4R dan di berikan post test ditemukan hasil nilai rata – rata sebesar 71,51 apabila dikategorikan “baik”. Berdasarkan hasil analisis statistik inferensial dengan dilakukan nya uji “t” berdasarkan hasil perhitungan yang dilakukan diperoleh nilai thitung sebesar 10.375 pada taraf kepercayaan 95% atau tingkat kesalahan sebesar 5 % dari dk=N-1= 32 – 2 = 30, maka diperoleh nilai ttabel sebesar (1,967 > 0,05) sehingga pada hipotesisi alternatif yang dilakukan dalam penelitian ini dapat diterima atau disetujui kebenarannya. 

Published
2024-08-12
How to Cite
Hasibuan, E., Siregar, R., & Tanjung, S. (2024, August 12). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PQ4R (PREVIEW,QUESTION, READ REFLECT,RECITE,REVIEW) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI MIA 3 PADA MATERI SISTEM EKSKRESI DI SMA NEGERI 4 PADANGSIDIMPUAN. JURNAL EDUGENESIS, 7(2), 6-12. Retrieved from https://jurnal.ipts.ac.id/index.php/BIOESA/article/view/5131