ANALISIS AKTIVITAS BELAJAR SISWA DAN MISKONSEPSI DALAM PEMBELAJARAN BIOLOGI MATERI BAKTERI DI KELAS X MIPA 3 SMA NEGERI 1 PANYABUNGAN

  • Aulia Fitri Ipts Padangsidimpuan
  • Perima Simbolon
  • Nurul Husna Siregar
Keywords: Aktivitas belajar Miskonsepsi Materi Bakteri

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas belajar siswa dan miskonsepsi pada pembelajaran biologi materi bakteri.Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif.Informan kunci dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MIPA 3.Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi, tes dan wawancara. Data penelitian aktivitas belajar dilakukan dengan cara observasi kepada siswa kelas X MIPA 3. Dalam aktivitas belajar memiliki delapan indikator yaitu: kegiatan visual, kegiatan lisan, kegiatan mendengar, kegiatan menulis, kegiatan motorik, kegiatan menggambar, kegiatan mental, dan kegiatan emosional, masing-masing indikator memiliki dua pernyataan. Data penelitian tes dilakukan kepada sampel siswa kelas X MIPA 3 yang memiliki 32 sampel.Sedangkan wawancara kepada guru biologi. Hasil penelitian aktivitas belajar diperoleh yaitu aktivitas belajar visual 98%sangat tinggi, aktivitas lisan 55%  tinggi, aktivits mendengar  92% sangat tinggi, aktivitas menulis 62% tinggi, aktivitas motorik 48%  rendah, aktivitas menggambar 80%  sangat tinggi, aktivitas mental 56% rendah, dan kegiatan emosional 72%. Simpulan rata-rata aktivitas belajar yaitu dapat digolongkan dalam kategori tinggi 70%. Pada hasil tes untuk miskonsepsi yaitu pengertian bakteri 79% baik, morfologi bakteri 54% kurang, karakteristik bakteri 14% gagal, reproduksi bakteri 49%gagal, dan klasifikasi bakteri 29% gagal. Simpulan rata-rata tes untuk miskonsepsi pada materi bakteri dapat digolongkan dalam kategori gagal  45%.

Published
2024-08-12
How to Cite
Fitri, A., Simbolon, P., & Siregar, N. (2024, August 12). ANALISIS AKTIVITAS BELAJAR SISWA DAN MISKONSEPSI DALAM PEMBELAJARAN BIOLOGI MATERI BAKTERI DI KELAS X MIPA 3 SMA NEGERI 1 PANYABUNGAN. JURNAL EDUGENESIS, 7(2), 13-17. Retrieved from https://jurnal.ipts.ac.id/index.php/BIOESA/article/view/5114