EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN SQ3R TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA MATERI SISTEM RESPIRASI MANUSIA DI KELAS XI MAN TAPANULI SELATAN LOKASI SIPANGE GODANG

  • Lina Emria Ritonga IPTS
  • Rizky Amelia Dona Siregar
  • Edysyah Putra
Keywords: Efektivitas Model Pembelajaran SQ3R, Kemampuan Berpikir Kritis Siswa, Materi Sistem Respirasi Manusia

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah model pembelajaran SQ3R efektif terhadap kemampuan berpikir kritis siswa materi sistem respirasi manusia di kelas XI MAN Tapanuli Selatan Lokasi Sipange Godang.Jenis  penelitian ini adalah ini penelituan kuantitatif dengan menerapkan metode eksperimen. Populasi dalam peneltian ini adalah kelas XI MIA-1 dan kelas XI MIA-2 di MAN Tapanuli Selatan Lokasi Sipange Godang yang berjumlah 55 siswa.Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik total sampling (Sampling Jenuh), sampel yang diperoleh sebanyak 55 siswa. Dalam pengumpulan data penulis menggunakan observasi, angket dan tes dengan dua cara yaitu deskriptif analisis dan statistic inferensial. Berdasarkan hasil perhitungan pada analisis deskriptif menggambarkan bahwa nilai rata-rata dengan menggunakan model pembelajaran SQ3R pada materi sistem respirasi manusia dengan menggunakan lembar observasi diperoleh skor rata-rata 92 berada pada kategori “Sangat Baik” sedangkan pada kemampuan berpikir kritis siswa pada materi sistem respirasi manusia di kelas XI MIA-1 menggunakan model pembelajaran SQ3R berdasarkan tes diperoleh nilai 94 “Sangat Baik” dan nilai angket yaitu 91 “Sangat Baik”. Serta di kelas XI MIA-2 tanpa menggunakan model pembelajaran SQ3R berdasarkan tes diperoleh nilai 62 ”Cukup” dan angket 86 “Sangat Baik. Berdasarkan analisis statistic inferensial dengan menggunakan rumus uji “t” tes.Berdasarkan hasil perhitungan yang dilakukan diperoleh nilai thitung sebesar 19.899.pada taraf kepercayaan sebesar 95 % atau tingkat kesalahan sebesar 5 % dari dk=N-1= 55-2=53, maka diperoleh ttabel (1.674 > 0,05). Berarti hipotesis alternatif yang ditegakkan dalam penelitian ini dapat diterima atau disetujui kebenarannya.Artinya model pembelajaran SQ3R efektif terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi sistem respirasi manusia di Kelas XI MAN Tapanuli Selatan Lokasi Sipange Godang.

Published
2024-08-12
How to Cite
Ritonga, L., Siregar, R., & Putra, E. (2024, August 12). EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN SQ3R TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA MATERI SISTEM RESPIRASI MANUSIA DI KELAS XI MAN TAPANULI SELATAN LOKASI SIPANGE GODANG. JURNAL EDUGENESIS, 7(2), 18-23. Retrieved from https://jurnal.ipts.ac.id/index.php/BIOESA/article/view/5112