PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SETS TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS XI MIPA MAN TAPANULI SELATAN

  • Ismi Suryani Harahap Institut Pendidikan Tapanuli Selata
  • Rizky Amelia Dona Siregar
  • Nurul Husna Siregar
Keywords: Model Pembelajaran SETS, Kemampuan Berpikir Kritis, Sistem Eksresi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh model pembelajaran SETS terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas XI MIPA MAN Tapanuli Selatan. Penelitian ini dilakukan pada bulan Februari-April 2024. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan model metode Pre-Experimental Designs (nondesigns), sedangkan design yang digunakan adalah One Shot Case Study. Populasi dalam penelitian ini adalah 112 orang. Pengambilan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan cluster sampling. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi dan angket. Data yang diperoleh dianalisis dengan analisis deskriptif dan analisis statistik inferensial berbantuan aplikasi SPSS 22 dengan menggunakan uji t. Berdasarkan hasil analisis deskriptif penggunaan model pembelajaran SETS diperoleh dengan nilai rata-rata 80 termasuk dalam kategori “Baik Sekali”. Kemampuan berpikir kritis siswa pada materi sistem ekskresi pada manusia diperoleh nilai rata-rata sebesar 83,28 yang termasuk dalam kategori “Baik Sekali”. Selanjutnya adalah analisis inferensial dengan menggunakan uji “t-test”, dengan perolehan hasil thitung  > ttabel  yaitu 0,000 < 0,05. Artinya ada pengaruh penggunaan model pembelajaran SETS terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas XI MIPA MAN Tapanuli Selatan.

Published
2024-12-16
How to Cite
Harahap, I., Siregar, R., & Siregar, N. (2024, December 16). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SETS TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS XI MIPA MAN TAPANULI SELATAN. JURNAL EDUGENESIS, 7(3), 1-5. Retrieved from https://jurnal.ipts.ac.id/index.php/BIOESA/article/view/5108