PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA PADA MATERI POKOK SEL DI KELAS XI SMA N 3 PADANGSIDIMPUAN

  • Rosniati Siregar IPTS
  • Seri Irawati Batubara
  • Perima Simbolon
Keywords: Metode Inkuiri terbimbing, keterampilan proses, sel

Abstract

Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan inkuiri terbimbing terhadap keterampilan proses sains siswa pada topik sel pada siswa kelas XI SMA N 3 Padangsidimpuan. Penelitian ini dilaksanakan selama 3 bulan dengan menggunakan metode deskriptif dengan jumlah sampel sebanyak 45 siswa dan diambil dengan menggunakan teknik total sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah Observasi dan kuesioner. Berdasarkan analisis deskriptif ditemukan bahwa: (a) rata-rata penggunaan inkuiri terbimbing sebesar 79,9 (kategori baik) dan (b) rata-rata keterampilan proses sains siswa sebesar 75,9 (kategori baik). Selanjutnya berdasarkan statistik inferensial dengan menggunakan uji t sampel berpasangan menunjukkan t tabel lebih kecil dari t hitung (1,681<11,08). Artinya, terdapat pengaruh penggunaan inkuiri terbimbing terhadap keterampilan proses sains siswa pada topik sel pada siswa kelas XI SMA N 3 Padangsidimpuan.

Published
2023-12-04
How to Cite
Siregar, R., Batubara, S., & Simbolon, P. (2023, December 4). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA PADA MATERI POKOK SEL DI KELAS XI SMA N 3 PADANGSIDIMPUAN. JURNAL EDUGENESIS, 6(4), 11-16. Retrieved from https://jurnal.ipts.ac.id/index.php/BIOESA/article/view/5054