PENGARUH KOMPETENSI SOSIAL GURU DAN KETERAMPILAN MEMBERIKAN PENGUATAN TERHADAP INTERAKSI EDUKATIF DI SMA NEGERI 5 PADANGSIDIMPUAN

  • Dinda Vebrina
  • Edysyah Putra Institut Pendidikan Tapanuli Selatan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat gambaran serta seberapa besar pengaruh kompetensi sosial guru dan keterampilan memberikan penguatan terhadap interaksi edukatif di SMA Negeri 5 Padangsidimpuan dan penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah 41 guru di SMA Negeri 5 Padangsidimpuan. Teknik pengambilan sampel adalah menggunakan teknik sampling jenuh atau total sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket, serta menggunakan skala guttman. Dan teknik analisis data yang digunakan analisis deskriptif dan analisis statistik inferensial. Berdasarkan perhitungan hasil data yang diperoleh menggunakan bantuan dari Software SPSS versi 22, maka diperoleh nilai rata-rata kompetensi sosial guru 85,37 berada pada kategori “sangat baik”, nilai rata-rata keterampilan memberikan penguatan 76,59 berada pada kategori “baik” dan nilai rata-rata interaksi edukatif 80,49 berada pada kategori “sangat baik”. Berdasarkan hasil analisis data diketahui Fhitung sebesar 15.029 dengan nilai signifikan 0,000, apabila nilai koefisien sig dibandingkan dengan nilai taraf α = 0,05 maka (0,000 <  0,05). Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara kompetensi sosial guru dan keterampilan memberikan penguatan terhadap interaksi edukatif di SMA Negeri 5 Padangsidimpuan.

Published
2023-12-04
How to Cite
Vebrina, D., & Putra, E. (2023, December 4). PENGARUH KOMPETENSI SOSIAL GURU DAN KETERAMPILAN MEMBERIKAN PENGUATAN TERHADAP INTERAKSI EDUKATIF DI SMA NEGERI 5 PADANGSIDIMPUAN. JURNAL EDUGENESIS, 6(4), 1-10. Retrieved from https://jurnal.ipts.ac.id/index.php/BIOESA/article/view/5043