PENGARUH MEDIA INTERNET TERHADAP MOTIVASI SISWA KELAS VIII-5 SMP NEGERI 5 PADANGSIDIMPUAN DALAM MENGIKUTI KEGIATAN BELAJAR IPA

  • Syafrida Hasibuan SMP Negeri 5 Padangsidimpuan
Keywords: Pengaruh, Media Internet, Meningkatkan, Motivasi Belajar, IPA

Abstract

Rendahnya motivasi belajar siswa dalam pembelajaran IPA merupakan masalah utama dalam penelitian ini. Melalui kuesioner awal yang dilakukan ditemukan bahwa perolehan hasil penilaian motivasi belajar rata rata dan tingkat ketuntasan yang kurang memuaskan. Maka dari ini dibutuhkan inovasi dalam kegiatan pembelajaran yang melibatkan penggunaan media berbasis teknologi dalam kegiatan pembelajaran yaitu dengan menggunakan media internet. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana pemanfaatan media internet akan mampu meningkatkan motivasi belajar IPA siswa di kelas VIII-5 SMP Negeri 5 Padangsidimpuan. Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Tempat penelitian adalah SMP Negeri 5 Padangsidimpuan. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII-5 SMP Negeri 5 Padangsidimpuan. Objek penelitian adalah hasil motivasi belajar siswa pada pelajaran IPA materi sistem gerak pada manusia. Desain atau Rancangan Penelitian mengikuti tahapan PTK yang meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Instrumen penelitian melibatkan Lembar angket motivasi belajar siswa. Analisis data dilakukan dengan teknik analisis deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Berdasarkan pelaksanaan PTK diperoleh hasil penelitian meliputi: Adapun kesimpulan yang dapat dikemukakan oleh peneliti dari hasil telaah ini adalah sebagai berikut: 1) Pemanfaatan internet sebagai media pembelajaran sangat efisien untuk meningkatkan motivasi siswa dalam mengikuti kegiatan belajar IPA di kelas VIII-5 SMP Negeri 5 Padangsidimpuan; 2)                Pemanfaatan internet, dalam hal ini penggunaan Word Website ternyata mampu meningkatkan motivasi belajar siswa dengan jelas, disebabkan hal tersebut sangat menarik bagi siswa; 3) Kegiatan pembelajaran yang memanfaatkan media internet dapat menciptakan situasi belajar yang efisien dan efektif, sebab segala sesuatu yang dibutuhkan untuk pembelajaran telah difasilitasi oleh media tersebut; 4) Pemanfaatan internet sebagai media pembelajaran memerlukan usaha guru dalam menyeleksi bahan pembelajaran yang diperlukan, mengingat daya nalar siswa sekolah menengah pertama masih dalam kategori tahap operasi konkrit dan baru memasuki tahap operasi formal; 5) Usaha maksimal guru sangat penting  dalam menyelenggarakan kegiatan belajar dengan memanfaatkan fasilitas internet secara online. Berdasarkan hasil penelitian yang disajikan disimpulkan bahwa melalui penerapan model pembelajaraan kooperatif tipe TPS dalam pembelajaran IPA pada materi  sistem reproduksi pada manusia siswa kelas IX-1 SMP Negeri 6 Padangsidimpuan diperoleh bahwa hasil belajar siswa meningkat. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa Pemanfaatan Media Internet untuk Meningkatkan Motivasi Belajar IPA Siswa kelas VIII-5 SMP Negeri 5 Padangsidimpuan

Published
2023-12-04
How to Cite
Hasibuan, S. (2023, December 4). PENGARUH MEDIA INTERNET TERHADAP MOTIVASI SISWA KELAS VIII-5 SMP NEGERI 5 PADANGSIDIMPUAN DALAM MENGIKUTI KEGIATAN BELAJAR IPA. JURNAL EDUGENESIS, 6(4), 25-35. Retrieved from https://jurnal.ipts.ac.id/index.php/BIOESA/article/view/5037