PENGARUH PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI EKOSISTEM

  • Nurul Cholifah ipts
  • Nabilah Siregar
  • Nurhidaya Fithriyah Nasution
Keywords: Kata kunci: Berpikir Kritis, Ekosistem

Abstract

Abstrak; Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui  apakah terdapat pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran dengan kemampuan berpikir kritis siswa pada materi pembelajaran ekosistem di kelas X SMA Negeri 1 Huta Raja Tinggi. Penelitian ini dilaksanakan di Negeri 1 Huta Raja Tinggi. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain One-group Pretest-posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X yang terdiri dari 1 Kelas dengan jumlah siswa 19 orang. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X-1 yang berjumlah 19 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi dan lembar tes.  Berdasarkan hasil penelitianyang dilakukan diketahui hasil observasi penggunaan model pembelajaran berbasis masalah di kelas X SMA Negeri 1 Huta Raja Tinggi diperoleh nilai sebesar 2.98 yaitu berada pada kategori baik. Gambaran kemampuan berpikir kritis siswa pada materi ekosistem sebelum melakukan pembelajaran menggunakan model pembelajaran berbasis masalah diperoleh sebesar 69.21 yakni berada pada kategori cukup. Sedangkan setelah pembelajaran gambaran kemampuan berpikir kritis siswa pada materi ekosistem diperoleh nilai rata-rata sebesar 75.79 dengan kategori baik. Melalui uji hipotesis yang dilakukan diketahui nilai thitung > ttabel yaitu 6.994 > 1.734. Kemudian adapun nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0.000 < 0.05 maka dapat disimpulkan bahwa hipotesis alternatif yang dirumuskan dalam penelitian ini diterima, artinya “Terdapat pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran berbasis masalah terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi ekosistem di kelas X SMA Negeri 1 Huta Raja Tinggi.”

 

Kata kunci: Berpikir Kritis, Ekosistem

Published
2023-12-04
How to Cite
Cholifah, N., Siregar, N., & Nasution, N. (2023, December 4). PENGARUH PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI EKOSISTEM. JURNAL EDUGENESIS, 6(4), 17-24. Retrieved from https://jurnal.ipts.ac.id/index.php/BIOESA/article/view/5005