LITERATUR RIVIEW : PERSEPSI MAHASISWA CALON GURU TERHADAP SUSTAINABEL DEVELOPMENT GOALS (SDGs) DALAM MENINGKATKAN LITERASI LINGKUNGAN.
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk melihat persepsi mahasiswa calon guru terhadap sustainable development goals dalam meningkat literasi lingkungan. Design penelitian ini menggunakan metode literaturereview dengan pencarian sistematik pada database google scholar. Peneliti melakukan pencarian dengan meninjau istilah umum dan istilah khusus. Istilah pencarian yang dipakai adalah sebagai berikut: SDGs, mahasiswa calon guru, persepsi dasar SDGs, Literasi lingkungan, perguruan tinggi indonesia.Terdapat tujuh jurnal yang lulus kriteria sebagai tinjauan literatur. Adapun kriteria jurnal yang dianalisa adalah 1. Penelitian tentang penerapan SDGs di perguruan tinggi, 2. Subjek penelitian fokus pada mahasiswa Indonesia, 4. Manfaat dari literasi lingkungan dan 3. Penelitian yang terpublikasi tahun 2015-2022. Dalam kesimpulan, penerapan SDGs dalam dunia pendidikan merupakan tanggung jawab bersama untuk mencapai tujuan pembangunan berkelanjutan. Meskipun ada hambatan-hambatan dalam penerapan SDGs di Indonesia, masih ada solusi yang bisa dilakukan. Ada beberapa strategi yang dapat digunakan untuk meningkatkan persepsi mahasiswa terhadap SDGs dan literasi lingkungan: 1) Integrasi SDGs dalam Kurikulum, 2. Kegiatan Ekstrakurikuler dan 3. Kolaborasi dengan Organisasi Lingkungan.