LITERATUR RIVIEW : PERSEPSI MAHASISWA CALON GURU TERHADAP SUSTAINABEL DEVELOPMENT GOALS (SDGs) DALAM MENINGKATKAN LITERASI LINGKUNGAN.

  • Edysyah Putra Institut Pendidikan Tapanuli Selatan
  • Dinda Vebrina
Keywords: SDGs, literasi lingkungan, mahasiswa calon guru

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat persepsi mahasiswa calon guru terhadap sustainable development goals dalam meningkat literasi lingkungan. Design  penelitian  ini  menggunakan  metode literaturereview dengan pencarian  sistematik pada  database google  scholar.  Peneliti  melakukan  pencarian  dengan  meninjau  istilah  umum  dan istilah khusus. Istilah pencarian yang dipakai adalah sebagai berikut: SDGs, mahasiswa calon guru, persepsi dasar SDGs, Literasi lingkungan, perguruan tinggi indonesia.Terdapat tujuh jurnal yang lulus kriteria sebagai tinjauan literatur. Adapun kriteria jurnal yang dianalisa  adalah  1.  Penelitian  tentang  penerapan SDGs  di  perguruan  tinggi,  2.  Subjek  penelitian fokus pada mahasiswa Indonesia, 4. Manfaat dari literasi lingkungan dan 3. Penelitian yang terpublikasi tahun 2015-2022.  Dalam kesimpulan, penerapan SDGs dalam dunia pendidikan merupakan tanggung jawab bersama untuk mencapai tujuan pembangunan berkelanjutan. Meskipun ada hambatan-hambatan dalam penerapan SDGs di Indonesia, masih ada solusi yang bisa dilakukan. Ada beberapa strategi yang dapat digunakan untuk meningkatkan persepsi mahasiswa terhadap SDGs dan literasi lingkungan: 1) Integrasi SDGs dalam Kurikulum, 2. Kegiatan Ekstrakurikuler dan 3. Kolaborasi dengan Organisasi Lingkungan.

Published
2023-08-01
How to Cite
Putra, E., & Vebrina, D. (2023, August 1). LITERATUR RIVIEW : PERSEPSI MAHASISWA CALON GURU TERHADAP SUSTAINABEL DEVELOPMENT GOALS (SDGs) DALAM MENINGKATKAN LITERASI LINGKUNGAN. JURNAL EDUGENESIS, 6(3), 36-42. Retrieved from https://jurnal.ipts.ac.id/index.php/BIOESA/article/view/5004