PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA BIOLOGI MATERI POKOK JAMUR (FUNGI) DI KELAS X SMA NEGERI 1 ANGKOLA TIMUR

  • Rosniati Siregar IPTS
Keywords: Kata Kunci: Metode Inkuiri, Hasil Belajar, Jamur.

Abstract

Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terhadap Prestasi Belajar Siswa Biologi Materi Pokok Jamur Di Kelas X SMA Negeri 1 Angkola Timur. Metode penelitian ini adalah eksperimen dan deskriptif. Populasi penelitian ini adalah kesepuluh siswa IPA yang berjumlah 138 siswa. Teknik random sampling dilakukan dalam penelitian ini, sampelnya adalah 35 siswa. Berdasarkan analisis data, skor rata-rata pembelajaran melalui Inkuiri adalah 3,80 dengan kategori “sangat baik”. Sedangkan hasil belajar siswa pada materi jamur setelah menggunakan Inkuiri adalah 80 dengan kategori “sangat baik”. Berdasarkan analisis data melalui uji t diperoleh 13,832. Sedangkan t tabel adalah 1,69. Artinya nilai thitung lebih tinggi dari t tabel (13,832>1,69). Dengan kata lain hipotesis penelitian ini diterima. Artinya ada pengaruh model pembelajaran inkuiri terhadap prestasi belajar Biologi materi Jamur pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Angkola Timur.

Published
2023-08-01
How to Cite
Siregar, R. (2023, August 1). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA BIOLOGI MATERI POKOK JAMUR (FUNGI) DI KELAS X SMA NEGERI 1 ANGKOLA TIMUR. JURNAL EDUGENESIS, 6(3), 28-35. Retrieved from https://jurnal.ipts.ac.id/index.php/BIOESA/article/view/5002