PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PjBL) TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA DI SMA NEGERI 1 ANGKOLA TIMUR
Abstract
Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Terhadap Minat belajar siswa Pada Materi Ekosistem Di Kelas X MIA 1 SMA Negeri 1 Angkola Timur. Penelitian ini dilakukan pada bulan Februari-April 2023. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan model metode Pre-Experimental Designs ( nondesigns), sedangkan design yang digunakan adalah One Shot Case Study. Populasi dalam penelitian ini adalah 27 orang. Sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan Total Sampling. Intrumen yang digunakan adalah lembar observasi dan angket. Data yang diperoleh dianalisis dengan analisis deskriptif dan analisis statistik inferensial berbantuan aplikasi SPSS 22. Berdasarkan hasil analisis deskriptif penggunaan model pembelajaran Project Based Learning diperoleh dengan dengan nilai rata-rata 90,3 termasuk dalam kategori “Sangat Baik”. Minat belajar siswa pada materi ekosistem dengan menggunakan model pembelajaran Project Based Learning diperoleh nilai rata-rata sebesar 82,63 yang termasuk dalam kategori “Sangat Tinggi”. Selanjutnya adalah analisis inferensial dengan menggunakan uji “t-test”. Hasil perhitungan yang dilakukan dengan menggunakan bantuan SPSS 22 diperoleh thitung > ttabel yaitu 0,000 < 0,05, maka Ha diterima dan Ho ditolak, Artinya ada pengaruh penggunaan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Terhadap minat belajar siswa pada materi Ekosistem di kelas X MIA 1 SMA Negeri 1 Angkola Timur
Kata Kunci: Minat Belajar, Ekosistem, Project Based Learning (PjBL), SMA Negeri 1 Angkola Timur.