MENINGKATKAN MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII-9 SMP NEGERI 5 PADANG SIDEMPUAN TAHUN AJARAN 2021/2022 DENGAN COOPERATIVE LEARNING TIPE THINK PAIR SHARE

  • Riris Ulina Ritonga SMP Negeri 5 Padang Sidempuan
Keywords: Hasil belajar, Aktivitas belajar, Cooperative Learning, Think Pair Share

Abstract

Sebagai guru mata pelajaran IPA SMP Negeri 5 Padang Sidempuan saya tidak  puas  terhadap hasil belajar siswa kelas VIII  tahun  ajaran  2021/2022 karena  hanya  7  dari  36 siswa yang tuntas KKM. Melalui Penelitian Tindakan Kelas (PTK)  menggunakan model Cooperative Learning  tipe  Think Pair Share  peneliti  bertujuan meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas VIII SMP Negeri  5 Padang Sidempuan tahun ajaran 2021/2022 pokok bahasan Sistem Peredaran Darah Manusia.  Penelitian dilaksanakan pada Agustus-November 2021, siswa kelas VIII-9 SMP Negeri 5 Padang Sidempuan sebagai  subyek penelitian. Penelitian terdiri dari 2 siklus dengan  2 pertemuan pada setiap siklusnya. Instrumen penelitian meliputi tes dan lembar observasi. Peningkatan  hasil belajar diketahui dari data tes yang dilaksanakan  di setiap  akhir  siklus  (posttest  1 dan posttest 2). Peningkatan aktivitas belajar diketahui dari lembar pengamatan pasangan belajar siswa. Analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil belajar mencakup ranah kognitif dan ranah psikomotor. Hasil tes menunjukkan  jumlah  siswa  yang  mencapai  KKM  76,66% (posttest 1) menjadi 90% (posttest 2), serta rata-rata nilai77,96 (posttest 1) menjadi 80,33 (posttest 2). Hasil observasi menunjukkan adanya peningkatan aktivitas belajar siswa, pada siklus 1 belum ada pasangan belajar  siswa  yang  tergolong kategori  tinggi,  namun  pada  siklus  2  6,67%  sudah  tergolong  kriteria tinggi. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan Cooperative Learning tipe Think Pair Share dapat  meningkatkan  hasil  belajar  siswa. Peningkatan  aktivitas belum  memenuhi  target  penelitian   yaitu   70%   siswa  tergolong kategori tinggi.

Published
2023-04-03
How to Cite
Ritonga, R. (2023, April 3). MENINGKATKAN MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII-9 SMP NEGERI 5 PADANG SIDEMPUAN TAHUN AJARAN 2021/2022 DENGAN COOPERATIVE LEARNING TIPE THINK PAIR SHARE. JURNAL EDUGENESIS, 6(2), 11-22. https://doi.org/https://doi.org/10.37081/edugenesis.v6i2.4957