MENINGKATKAN MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII-9 SMP NEGERI 5 PADANG SIDEMPUAN TAHUN AJARAN 2021/2022 DENGAN COOPERATIVE LEARNING TIPE THINK PAIR SHARE
Abstract
Sebagai guru mata pelajaran IPA SMP Negeri 5 Padang Sidempuan saya tidak puas terhadap hasil belajar siswa kelas VIII tahun ajaran 2021/2022 karena hanya 7 dari 36 siswa yang tuntas KKM. Melalui Penelitian Tindakan Kelas (PTK) menggunakan model Cooperative Learning tipe Think Pair Share peneliti bertujuan meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Padang Sidempuan tahun ajaran 2021/2022 pokok bahasan Sistem Peredaran Darah Manusia. Penelitian dilaksanakan pada Agustus-November 2021, siswa kelas VIII-9 SMP Negeri 5 Padang Sidempuan sebagai subyek penelitian. Penelitian terdiri dari 2 siklus dengan 2 pertemuan pada setiap siklusnya. Instrumen penelitian meliputi tes dan lembar observasi. Peningkatan hasil belajar diketahui dari data tes yang dilaksanakan di setiap akhir siklus (posttest 1 dan posttest 2). Peningkatan aktivitas belajar diketahui dari lembar pengamatan pasangan belajar siswa. Analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil belajar mencakup ranah kognitif dan ranah psikomotor. Hasil tes menunjukkan jumlah siswa yang mencapai KKM 76,66% (posttest 1) menjadi 90% (posttest 2), serta rata-rata nilai77,96 (posttest 1) menjadi 80,33 (posttest 2). Hasil observasi menunjukkan adanya peningkatan aktivitas belajar siswa, pada siklus 1 belum ada pasangan belajar siswa yang tergolong kategori tinggi, namun pada siklus 2 6,67% sudah tergolong kriteria tinggi. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan Cooperative Learning tipe Think Pair Share dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Peningkatan aktivitas belum memenuhi target penelitian yaitu 70% siswa tergolong kategori tinggi.