ANALISIS KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA PADA MATERI STATISTIKA DI SMA NEGERI 21 MEDAN

  • Carissa Ghaniya Azzahra Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah
  • Nur Azizah
  • Vebiola Ardiani
  • Ramadhani Ramadhani

Abstract

Penelitian yang kami lakukan ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan berfikir kritis siswa dalam menyelesaikan soal statistika. Metode penelitian yang kami gunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Subjek yang kami ambil dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII IPS 1 di SMAN 21 MEDAN yang berjumlah 34 siswa. Jenis data yang kami kumpulkan berupa data kuantitatif yaitu hasil tes kemampuan berfikir kritis dan hasil wawancara. Hasil analisis data yang kami peroleh 8,69% siswa termasuk kategori tinggi, 13,04% siswa termasuk dalam kategori sedang, 78,26% termasuk dalam kategori rendah. Dari hasil tersebut menunjukkan bahwa kemampuan berfikir kritis siswa masih sangatlah rendah.

 

Kata kunci : Kemampuan berfikir kritis siswa.  Statistik

Published
2022-12-01
How to Cite
Azzahra, C., Azizah, N., Ardiani, V., & Ramadhani, R. (2022, December 1). ANALISIS KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA PADA MATERI STATISTIKA DI SMA NEGERI 21 MEDAN. JURNAL EDUGENESIS, 5(2), 49-52. Retrieved from https://jurnal.ipts.ac.id/index.php/BIOESA/article/view/4802