PENGARUH PENERAPAN APLIKASI WHATSAPP TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATERI SEL KELAS XI IPA SMA SWASTA HARAPAN POKENJIOR
Abstract
Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh penerapan aplikasi whatsapp di kelas XI IPA SMA Swasta Harapan Pokenjior. Metode penelitian adalah kuantitatif, populasi penelitian ini adalah seluruh siswa Kelas XI IPA SMA Swasta Harapan Pokenjior yang terdiri dari 1 (satu) kelas dengan jumlah seluruhnya 28 orang. Selanjutnya ditetapkan sampel siswa kelas XI IPA sebanyak berjumlah 28 orang. Instrumen yang digunakan sebagai alat pengumpul data adalah lembar observasi dan tes. Kemudian data hasil penelitian diolah dengan dua tahap dimana tahap pertama dengan analisis deskriptif yang bertujuan untuk mengetahui gambaran kedua variabel penelitian. Kemudian tahap kedua untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh diantara kedua variabel maka digunakan rumus uji-t. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan diperoleh hasil berupa penilaian penerapan aplikasi whatsapp, hasil belajar sebelum penerapan aplikasi whatsapp dan hasil belajar sesudah penerapan aplikasi whatsapp. Hasil penilaian observasi aplikasi whatsapp sebesar 71 kategori Baik. Hasil belajar sebelum penerapan penerapan aplikasi whatsapp adalah 52,2 dengan kategori “kurang” dan hasil belajar setelah penerapan aplikasi whatsapp adalah 77,08 dengan kategori “Baik”. Berdasarkan hasil analisis yang telah dilakukan diketahui thitung lebih besar diabanding ttabel yaitu thitung sebesar 4,81 bila dibandingkan dengan ttabel pada tingkat kepercayaan 0,5 dengan derajat kebebasan (dk) = N – nr = 28 – 2 = 26, diperoleh sebesar 1,71 dengan demikian dapat diketahui bahwa nilai t hitung > t tabel yakni 4,81 > 1,71. Berarti terdapat pengaruh penerapan aplikasi whatsapp terhadap hasil belajar siswa materi sel kelas XI IPA SMA Swasta Harapan Pokenjior.
Kata-kata Kunci : Aplikasi Whatsapp, Hasil Belajar Siswa