EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY DISERTAI MIND MAP TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA KELAS X TEKNIK OTOMOTIF PADA MATA PELAJARAN IPA BIOLOGI DI SMK NEGERI I SINUNUKAN
Abstract
Abstrak. Berdasarkan penelitian yang dilakukan diperoleh data tentang efektivitas penggunaan model pembelajaran inquiry disertai mind map terhadap kemandirian belajar siswa Kelas X Teknik Otomotif Pada Mata Pelajaran IPA Biologi Di SMK Negeri I Sinunukan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah kelas X AKL, X TO², X TO¹, berjumlah 77 siswa. Sampel penelitian menggunakan teknik simple random sampling sebanyak 27 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan angket. Teknik analisis data menggunakan data deskriptif dan statistik inferensial. Hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata 92,59 berada pada ketogori “Sangat Baik”. Kemandirian belajar siswa setelah menggunakan model pembelajaran inquiry disertai mind map memperoleh nilai rata-rata 83 dengan kategori “Sangat Baik”. Berdasarkan perhitungan yang dilakukan untuk menguji hipotesis yang diperoleh harga sebesar 5 sedangkan pada taraf kepercayaan 95% dengan tingkat kesalahan 5% dengan derajat kebebasan (dk) 25. Dengan demikian harga adalah 2,060. Apabila dibandingkan harga dan maka terlihat bahwa lebih besar dibandingkan yaitu 24,5 > 2,060. Berdasarkan hasil nilai tersebut, maka hipotesis alternatif diterima atau disetujui kebenarannya. Artinya terdapat penganruh yang signifikan dari penggunaan model pembelajaran inquiry disertai mind map terhadap kemandirian belajar siswa kelas X Teknik Otomotif pada mata pelajaran IPA Biologi di SMK Negeri I Sinunukan.
Kata kunci : Model, inquiry, mind map, pembelajaran IPA Biologi, kemandirian belajar