ANALISIS PEMBERIAN TUGAS DAN KEMANDIRIAN SISWA PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI DALAM PEMBELAJARAN TATAP MUKA TERBATAS DI SMAN 4 PADANGSIDIMPUAN
Kata kunci : Pemberian Tugas, Kemandirian Belajar, Mata Pelajaran Biologi, Tatap Muka Terbatas.
Abstract
Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pemberian tugas pada mata pelajaran biologi dalam tatap muka terbatas di kelas X MIA-1 SMAN 4 Padangsidimpuan.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Informan dalam penelitian ini yaitu guru mata pelajaran biologi, siswa kelas X MIA-1 yang berjumlah 31 siswa, dan orangtua/wali siswa sebanyak 10 orangtua/wali siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan angket. Analisis data dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan penelitian yang dilakukan diperoleh hasil berupa pemberian tugas dan kemandirian siswa. Hasil analisis pemberian tugas diperoleh bahwa perencanaan tugas baik, pelaksanaan tugas baik, dan pertanggungjawaban tugas baik. Kemandirian belajar dari hasil angket siswa kelas X MIA-1 SMAN 4 Padangsidimpuan pada indikator ketidaktergantungan terhadap orang lain memperoleh persentasi 83% dengan kategori sangat baik, kepercayaan diri cukup baik, perilaku disiplin dengan presentasi 90% dengan kategori sangat baik, rasa tanggung jawab dengan presentasi 95% dengan kategori sangat baik, dan kontrol diri dengan presentasi 86% dengan katagori sangat baik. Dari aspek nilai keseluruhan untuk peroleh rata-rata 83% dengan kategori baik. Pemberian tugas oleh guru dapat memaksimalkan pembelajaran karena waktu yang terbatas dan dapat meningkatkan kemandirian belajar tersebut dalam proses pembelajaran. Berdasarkan hasil wawancara dengan orang tua diperoleh hasil bahwa sikap ketidaktergantungan terhadap orang lain baik, kepercayaan diri baik, pertanggungjawaban baik, kedisiplinan baik dan kontrol diri baik. Serta hasil wawancara dengan guru mata pelajaran biologi didapatkan hasil bahwa ketidaktergantungan terhadap orang lain siswa cukup baik, kepercayaan diri siswa kurang baik, kedisiplinan siswa baik, pertanggungjawaban siswa baik, dan kontrol diri siswa baik.
Kata kunci : Pemberian Tugas, Kemandirian Belajar, Mata Pelajaran Biologi, Tatap Muka Terbatas.