PENGARUH PEMBERIAN DUKUNGAN SOSIAL DAN APRESIASI TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS XI IPA SMA NEGERI 1 SIBABANGUN
Kata Kunci: dukungan sosial, apresiasi, hasil belajar
Abstract
Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian dukungan sosial dan apresiasi terhadap hasil belajaar biologi siswa kelasi XI IPA SMA Negeri 1. Metode penelitian ini adalah kuantitatif, jenis penelitian ini adalah eskperimen dengan melibatkan populasi penelitian sebanyak 96 siswa, selanjutnya ditetapkan sampel siswa Kelas XI Administrasi sebanyak 30 siswa. Instrumen yang digunakan sebagai alat pengumpul data adalah angket dan tes. Kemudian data hasil penelitian diolah dengan dua tahap dimana tahap pertama dengan analisis deskriptif yang bertujuan untuk mengetahui gambaran tentang ketiga variabel penelitian. Kemudian untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh diantara kedua variabel maka digunakan rumus uji-t. Dari hasil analisis data diketahui bahwa nilai rata-rata hasil penerapan metode pemberian dukungan sosial adalah 76,6 dengan kategori “Baik”, sedangkan pemberian apresiasi diperoleh nilai rata-rata sebesar 63,3 dengan kategori “Cukup”.Berdasarkan hasil analisis yang telah dilakukan diketahui thitung lebih besar dibanding ttabel yaitu thitung sebesar 11,7 bila dibandingkan dengan ttabel pada tingkat kepercayaan 0,5 diperoleh nilai ttabel sebesar 11,7 dengan demikian dapat diketahui bahwa nilai t hitung > t tabel yakni 11,7 > 1,711. Jadi, dapat di tarik kesimpulan bahwa terdapat pengaruh pemberian dukungan sosial dan apresiasi terhadap hasil belajar biologi siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Sibabangun.
Kata Kunci: dukungan sosial, apresiasi, hasil belajar