PENGARUH MODEL PEMBELAJARANPROJECT BASED LEARNING (PjBL) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA KELAS X PADA MATERI EKOSISTEM DI SMA NEGERI 1 SIBABANGUN

  • Wike Maria ButarButar Institut Pendidikan Tapanuli Selatan
  • Rizky Amelia Dona Siregar
  • Fithriyah Fithriyah Nasution
Keywords: Kata kunci: Ekosistem, Project Based Learning (PjBL), SMA Negeri 1 Sibabangun.

Abstract

Abstrak. Butarbutar, W, M. 2022. Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Kelas X Pada Materi Ekosistem Di SMA Negeri 1 Sibabangun. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa pada materi Ekosistem di Kelas X SMA Negeri 1 Sibabangun. Penelitian ini dilakukan pada bulan Februari-Maret 2022. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan model metode eksperimen semu, sedangkan design yang digunakan One Group Case Study Design. Populasi dalam penelitian ini adalah 102 orang. Sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan mengguna kan Simple Random Sampling. Instrument yang digunakan adalah lembar observasi dan angket. Data yang diperoleh dianalisis dengan analisis deskriptif dan analisis statistik inferensial berbantuan aplikasi SPSS 2.2. Berdasarkan hasil analisis deskriptif penggunaan model pembelajaran Project Based Learning diperoleh dengan nilai rata-rata sebesar 85 termasuk dalam kategori “Sangat Baik”. Kemampuan berpikir kreatif siswa pada materi ekosistem dengan menggunakan model pembelajaran Project Based Learning diperoleh nilai rata-rata sebesar 75,43 yang termasuk dalam kategori “Baik”. Selanjutnya adalah analisis inferensial dengan menggunakan uji “t-test”. Hasil perhitungan yang dilakukan dengan mengunakan bantuan SPSS 2.2 diperoleh thitung > ttabel, yaitu 0,0858 < 0.05, maka Ha diterima dan Ho ditolak, Artinya ada pengaruh penggunaan model pembelajaran Project Based Learning terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa pada materi Ekosistem di Kelas X SMA Negeri Sibabangun.

 

Kata kunci: Ekosistem, Project Based Learning (PjBL), SMA Negeri 1 Sibabangun.

Published
2022-12-01
How to Cite
ButarButar, W., Siregar, R., & Nasution, F. (2022, December 1). PENGARUH MODEL PEMBELAJARANPROJECT BASED LEARNING (PjBL) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA KELAS X PADA MATERI EKOSISTEM DI SMA NEGERI 1 SIBABANGUN. JURNAL EDUGENESIS, 5(2), 25-32. Retrieved from https://jurnal.ipts.ac.id/index.php/BIOESA/article/view/4047