ANALISIS PEMBELAJARAN DARING TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA DI KELAS XI IPA SMA SWASTA HARAPAN POKENJIOR

  • Aryani Sinergi Sihotang IPTS TAPSEL
  • Nabilah Siregar
  • Dwi Aninditya Siregar
Keywords: Kata Kunci : Peran Orang Tua, Pembelajaran Daring, Motivasi Belajar.

Abstract

Abstrak. Penelitian ini bertujuan menggambarkan tentang 1) Untuk mengetahuimotivasi belajar  siswa di kelas XI IPA SMA Swasta Harapan Pokenjior dan 2) mengetahuiperan orang tuadi rumah dalam kegiatan pembelajaran daring terhadap  motivasi belajar  siswa di kelas XI IPA SMA Swasta Harapan Pokenjior. Jenis penelitian adalah Penelitian Kualitatif, objek penelitian ini adalah siswa kelas  XI IPA SMA Swasta Harapan Pokenjior jumlahnya 28 siswa. Selanjutnya ditetapkan informan penelitian adalah siswakelas XI IPA SMA Swasta Harapan Pokenjior beserta orang tua siswa.Teknik pengumpul data adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa hasil motivasi belajar  siswa di kelas XI IPA SMA Swasta Harapan Pokenjior dengan kategori “Cukup baik” dengan perolehan rata-rata angket sebesar 66 % (cukup baik) dan peran orang tua di rumahdalam kegiatan pembelajaran daring terhadap  motivasi belajar  siswa di Kelas XI IPA SMA Swasta Harapan Pokenjior khususnya dikelas XI IPA yaitu orangtua pada saat pembelajaran daring masih dalam kategori cukup baik mendukung proses belajar mengajar.

Published
2022-05-01
How to Cite
Sihotang, A., Siregar, N., & Siregar, D. (2022, May 1). ANALISIS PEMBELAJARAN DARING TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA DI KELAS XI IPA SMA SWASTA HARAPAN POKENJIOR. JURNAL EDUGENESIS, 5(1), 6-14. Retrieved from https://jurnal.ipts.ac.id/index.php/BIOESA/article/view/3865