ANALISIS HAMBATAN BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN ONLINE DI SMA NEGERI 1 TUKKA
Abstract
Abstrak, Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hambatan belajar siswa selama pembelajaran online pada pembelajaran Biologi kelas X di SMA Negeri 1 Tukka. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Tukka. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Informan penelitian ini adalah berjumlah 20 siswa dan guru mata pelajaran biologi. Sumber data dalam penelitian ini yaitu sumber data primer dan sumber data sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian yaitu observasi, angket, wawancara dan dokumentasi. Teknik keabsahan data yang digunakan adalah triangulasi. Teknik analisis data yaitu Reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian diketahui hambatan fisik siswa selama pembelajaran online diperoleh nilai rata-rata angket sebesar 73.3 berada pada kategori tinggi artinya faktor fisik sangat tinggi menghambat pembelajaran online pada pembelajaran biologi. Hambatan psikis siswa selama pembelajaran online pada pembelajaran biologi diperoleh nilai rata-rata angket sebesar 68.7 berada pada kategori tinggi artinya hambatan psikis sangat tinggi menghambat siswa dalam pembelajaran online. Hambatan dari faktor guru diperoleh nilai rata-rata angket sebesar 72.5 berada pada kategori tinggi artinya hambatan dari faktor guru sangat tinggi menghambat siswa dalam pembelajaran online. Hambatan dari faktor fasilitas belajar diperoleh nilai rata-rata angket sebesar 72.0 berada pada kategori tinggi artinya hambatan dari faktor fasilitas sangat tinggi menghambat siswa dalam pembelajaran online. Hambatan dari faktor keluarga diperoleh nilai rata-rata angket sebesar 76.2 berada pada kategori tinggi artinya hambatan dari faktor keluarga sangat tinggi menghambat siswa dalam pembelajaran online.
Kata kunci: Hambatan, Belajar, Pembelajaran, Daring