pengaruh PENGARUH PENGGUNAAN PENUNTUN PRAKTIKUM MORFOLOGI TUMBUHAN BERBASIS INKUIRI TERBIMBING TERHADAP HASIL BELAJAR MAHASISWA PENDIDIKAN BIOLOGI IPTS PADANGSIDIMPUAN

  • rosniati siregar institut pendidikan tapanuli selatan
Keywords: hasil belajar, inkuiri terbimbing, penuntun praktikum

Abstract

Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan penuntun praktikum morfologi tumbuhan berbasis inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar mahasiswa pendidikan biologi ipts padangsidimpuan. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and Development). Pendekatan yang digunakan metode kualitatif dengan sampel 24 siswa dan diambil dengan teknik total sampling. Instrumen yang digunakan yaitu observasi dan tes.Teknik analisis data berupa analisis deskriptif. Hasil test belajar mahasiswa dari 24 orang mahasiswa diperoleh 100% lulus. Dimana 7 mahasiswa dengan kategori nilai sangat baik dan 17 mahasiswa dengan kategori nilai baik. Dengan nilai rata- rata 85,03% dengan kategori baik. Ini menunjukkan bahwa penuntun praktikum morfologi tumbuhan berorientasi inkuiri terbimbing dapat meningkatkan hasil belajar mahasiswa

Published
2021-05-01
How to Cite
siregar, rosniati. (2021, May 1). pengaruh PENGARUH PENGGUNAAN PENUNTUN PRAKTIKUM MORFOLOGI TUMBUHAN BERBASIS INKUIRI TERBIMBING TERHADAP HASIL BELAJAR MAHASISWA PENDIDIKAN BIOLOGI IPTS PADANGSIDIMPUAN. JURNAL EDUGENESIS, 3(1), 32-35. Retrieved from https://jurnal.ipts.ac.id/index.php/BIOESA/article/view/3099