ANALISIS MEDIA PEMBELAJARAN DARI ANALISIS MEDIA PEMBELAJARAN DARING PADA MASA COVID-19 DI KELAS XI MIA SMA NEGERI 2 PADANGSIDIMPUAN
ANALISIS MEDIA PEMBELAJARAN DARING PADA MASA COVID-19 DI KELAS XI MIA SMA NEGERI 2 PADANGSIDIMPUAN
Abstract
Abstrak. Era modern adalah dimana perkembangan zaman menggunakan dan bergantung pada pemikiran yang sudah mulai maju yang menuntut perubahan sikap dan cara berpikir kita. Dengan adanya perkembangan teknologi ini, maka manusia yang hidup di era modern ini harus mampu memanfaatkanteknologi secara baik dan benar.Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menganalisismedia pembelajaran daring pada masa COVID-19 di Kelas XI MIA SMA Negeri 2 Padangsidimpuan. Waktu penelitian ini 3 bulan yaitu April sampai dengan Juni 2021.Jenis penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif.Objek penelitian ini adalah media pembelajaran daring pada masa COVID-19.Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah wawancara. Dari hasil analisis penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran daringseperti Zoom, Google Meet, WhatsApp dan Google Classroom memiliki beberapa kelebihan seperti belajar secara virtual tanpa harus datang ke sekolah dan bertatap langsung, mudah digunakan, menghemat waktudan juga menghemat biaya sedangkan kekurangan media pembelajaran daring adalah memakan banyak data internet, kapasitas penyimpanan besar, kapasitasnya sudah dibatasi, dan adanya kendala jaringan. Jadi dapat disimpulkan Kelebihan media pembelajaran daring di kelas XI MIA 1 SMA Negeri 2 Padangsidimpuan yaitu siswa dapat mengirim tugas maupun aktif dalam bertanya melalui media pembelajaran daring, proses pembelajarannya lebih menghemat waktu dan biaya, sedangkan kekurangan media pembelajaran daring di kelas XI MIA 1 SMA Negeri 2 Padangsidimpuan yaitu adanya kendala jaringan, dan materi pembelajaran terkadang kurang dimengerti.
Kata Kunci : Media, Pembelajaran Daring, SMA Negeri 2 Padangsidimpuan