IDENTIFIKASI HAMBATAN SISWA DALAM PELAKSANAAN PEMBELAJARAN IPA SECARA DARING SELAMA PANDEMI COVID-19 DI KELAS X SMK NEGERI 3 PADANGSISDIMPUAN
Abstract
Abstrak.Pendidikan adalah aspek yang sangat penting bagi perkembangan sumber daya manusia (SDM), dikarenakan pendidikan merupakan petunjuk yang digunakan bukan saja untuk membebaskan manusia dari keterbelakangan, melainkan juga dari kebodohan dan kemiskinan. Tujuan penelitian untuk mengetahui hamabatan siswa dalam pelaksanaan pembelajaran IPA secara daring selama pandemi COVID-19 di SMK Negeri 3 Padangsidimpuan. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 3 Padangsidimpuan kelas X Busana 4 pada bulan Maret sampai dengan April.Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, informan penelitian ini adalah siswa SMK Negeri 3 Padangsidimpuan di kelas X Busana 4 yang berjumlah 36 siswa dan salah satu guru. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan wawancara. Hasil penelitian adalalah indikator hambatan fisik diperoleh persentase 17% kategori sangat rendah dalam hal ini siswa tidak merasa terhambat pada proses pembelajaran daring, indikator hambatan psikis persentase 78% kategori tinggi hal ini menunjukkan bahawa psikis siswa yang terlihat dari ranah kognitif, afektif dan psikomotorik siswa dalam hal ini terhambat, indikator pendidik persentase 44% kategori sangat rendah hal ini menunjukkan bahwa pendidik tidak terhambat dalam pembelajaran daring, indikator fasilitas persentase 34% kategori sangat rendah siswa dalam hal ini tidak merasa terhambat, indikator keluarga persentase 58% kategori rendah, hal ini menunjukkan bahwa hambatan keluarga tidak terhambat dalam pelaksanaan pembelajaran daring.
Kata Kunci :Hambatan Siswa, Pembelajaran IPA Daring, COVID-19