ANALISIS HAMBATAN INTERNAL MAHASISWA DALAM PEMBELAJARAN DARING PADA MATA KULIAH METODOLOGI PENELITIAN DI IPTS PADANGSIDIMPUAN
Abstract
Pembelajaran daring merupakan pembelajaran yang menggunakan jaringan. Pembelajaran daring perlu pengkajian khusus, apakah terdapat hambatan-hambatan dalam pelaksanaannya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hambatan internal mahasiswa dalam pembelajaran daring pada mata kuliah Metologi Penelitian di IPTS Padangsidimpuan. Penelitian ini dilaksanakan di IPTS Padangsidimpuan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Informan penelitiannya adalah seluruh mahasiswa program studi pendididikan biologi yang mengambil mata kuliah metodologi penelitian berjumlah 20 orang mahasiswa.Teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti adalah angket, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik triangulasi data. Berdasarkan penelitian yang dilakukan diperoleh hasil penelitian meliputi hambatan fisik dan hambatan psikis. Hambatan fisik diperoleh hanya 32% kategori rendah, kondisi fisik mahasiswa ini belum termasuk menghambat pembelajaran daring. Hambatan psikis diperoleh 69% kategori tinggi, kondisi psikis ini sudah menghambat pembelajaran daring.