ANALISIS HAMBATAN INTERNAL MAHASISWA DALAM PEMBELAJARAN DARING PADA MATA KULIAH METODOLOGI PENELITIAN DI IPTS PADANGSIDIMPUAN

  • Perima Simbolon Insitut Pendidikan Tapanuli Selatan
Keywords: Hambatan Internal, Pembelajaran Daring

Abstract

Pembelajaran daring merupakan pembelajaran yang menggunakan jaringan. Pembelajaran daring perlu pengkajian khusus, apakah terdapat hambatan-hambatan dalam pelaksanaannya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hambatan internal mahasiswa dalam pembelajaran daring pada mata kuliah Metologi Penelitian di IPTS Padangsidimpuan. Penelitian ini  dilaksanakan di IPTS Padangsidimpuan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif  kualitatif. Informan penelitiannya adalah seluruh mahasiswa program studi pendididikan biologi yang mengambil mata kuliah metodologi penelitian berjumlah 20 orang mahasiswa.Teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti adalah angket, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik triangulasi data. Berdasarkan penelitian yang dilakukan diperoleh hasil penelitian meliputi hambatan fisik dan hambatan psikis. Hambatan fisik diperoleh hanya  32% kategori rendah, kondisi fisik mahasiswa ini belum termasuk menghambat pembelajaran daring. Hambatan psikis diperoleh 69% kategori tinggi, kondisi psikis ini sudah menghambat  pembelajaran daring.

Published
2021-05-01
How to Cite
Simbolon, P. (2021, May 1). ANALISIS HAMBATAN INTERNAL MAHASISWA DALAM PEMBELAJARAN DARING PADA MATA KULIAH METODOLOGI PENELITIAN DI IPTS PADANGSIDIMPUAN. JURNAL EDUGENESIS, 3(1), 23-26. Retrieved from https://jurnal.ipts.ac.id/index.php/BIOESA/article/view/3034