ANALISIS KESULITAN BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN DARING PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI KELAS XI SMA NEGERI 2 PADANGSIDIMPUAN
Abstract
Abstrak. Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa, dan negara. Penelitian ini akan dilaksanakan di SMA Negeri 2 padangsidimpuan. Waktu penelitian ini 3 bulan yaitu April sampai dengan juni 2021. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendapatkan informasi apa saja kesulitan yang dihadapi siswa dalam melaksanakan pembelajaran secara daring selama pandemi Covid-19. Jenis penelitian penelitian ini menggunakan metode deskriptif. Objek penelitian ini siswa kelas XI MIA 2 SMA Negeri 2 padangsidimuan. Teknik pengumpulan data adalah prosedur sistematis dan standar untuk memperoleh data yang diperlukan. Hasil penelitian diperoleh data yang lengkap tentang hasil wawancara dan angket. Jadi dapat disimpulkan rata-rata kesulitan belajar siswa dalam pembelajaran daring sebesar 71% berada pada kategori tinggi. Berdasarkan faktor yang mempengaruhi kesulitan belajar siswa dalam pembelajaran daring diperoleh dari indikator yang pertama yaitu Minat belajar sebesar 66% berada pada kategori rendah, Sedangkan pada indikataor ke dua Motivasi belajar sebesar 63% berada pada kategori rendah, Pada indikator yang ke tiga yaitu media pembelajaran sebesar 62% berada pada kategori rendah, Pada indikator yang ke empat yaitu lingkungan keluarga sebesar 81% berada pada kategori tinggi, Pada indikator yang ke lima yaitu lingkungan sekolah sebesar 81% berada pada kategori tinggi, Pada indikator yang ke enam yaitu lingkungan masyarakat sebesar 72% berada pada tinggi.
Kata Kunci : Kesulitan Belajar, Pembelajaran Daring, Pandemi Covid-19