PENGARUH PEMANFAATAN LINGKUNGAN ALAM SEKITAR SEBAGAI SUMBER BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII DI DESA PARGARUTAN JULU

  • Hotmaida Marito Harahap ipts
  • Nabilah Siregar
  • Nurhidaya Fithriyah Nasution

Abstract

Abstrak : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh yang signifikan antara pemanfaatan lingkungan alam sekitar sebagai sumber belajar terhadap hasil belajar siswa kelasVII di Desa PargarutanJulu. Metode penelitian ini metode eksperimen dengan desain one group pretest posttest.Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP di Desa PargarutanJulu.Sampel dalam penelitian ini adalah sebanyak 15 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan tes. Hasil penelitian diketahui gambaran pemanfaatan lingkungan alam sekitar sebagai sumber belajar diperoleh nilai sebesar 3,00dengan kategori baik. Gambaran hasil belajar IPA siswa kelas VII di Desa PargarutanJulu sebelum pemanfaatan lingkungan alam sekitar sebagai sumber belajar diperoleh nilai rata-rata sebesar 69.00 yakni berada pada kategori cukup.Sesudah pemanfaatan lingkungan alam sekitar sebagai sumber belajar diperoleh nilai rata-rata sebesar 74.33 yakni berada pada kategori baik.Berdasarkan hasil uji hipotesis di atas diketahui bahwa nilai thitung sebesar 4.675 selanjutnya adapun nilai Sig. (2-tailed) 0.000 < 0.05 maka dapat disimpulkan “Terdapat pengaruh pemanfaatan lingkungan alam sekitar sekolah sebagai sumber belajar terhadap hasil belajar siswa kelas VII SMP di Desa PargarutanJulu”.

 

Kata kunci:Pemanfaatan Lingkungan Alam Sekitar, Sumber Belajar,Hasil Belajar   

Published
2021-12-01
How to Cite
Harahap, H., Siregar, N., & Nasution, N. (2021, December 1). PENGARUH PEMANFAATAN LINGKUNGAN ALAM SEKITAR SEBAGAI SUMBER BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII DI DESA PARGARUTAN JULU. JURNAL EDUGENESIS, 4(2), 39-46. Retrieved from https://jurnal.ipts.ac.id/index.php/BIOESA/article/view/2761