ANALISIS PEMBELAJARAN DARING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS X MIA SMA NEGERI 2 PADANGSIDIMPUAN
Abstract
Abstrak.Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pembelajaran daring terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas X MIA SMA Nergeri 2 Padangsidimpuan. Jenis penelitian ini adalah deskriftif kualitatif dengan melibatkan informan penelitian sebanyak 36 siswa di kelas X MIA 1 SMA 2 Padangsidimpuan dan guru mata pelajaran Biologi SMA Negeri 2 Padangsidimpuan. Teknik pengumpulan datayang digunakan dalam pengambilan data adalah wawancarakepada guru dan orang tua/wali siswa serta angket kepada siswa . Teknik analisis data pada penelitian menggunakan triangulasi data yaitu reduksi data, penyajian data, verifikasi data, dan kesimpulan. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, diperolehHasil wawancara dengan guru mata pelajaran biologi diperoleh bahwa proses pembelajaran daring terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas X MIA 1 SMA Negeri 2 Padangsidimpuan melalui penggunaan media Google Classroom, Whatsapp, Dan Zoom Meet. Hasil angket yaitu pada indikator interpretasi 90%, analisis 80%, inferensi 96%, eksplanasi 91%, dan pengaturan diri 88,20%, dengan hasil rata-rata keseluruhan 64% berada pada kategori baik.
Kata Kunci: Analisis, pembelajaran daring, kemampuan berpikir kritis.