PENGARUH PETA KONSEP TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN LURING MATERI SEL KELAS X SMK N 3 PADANGSIDIMPUAN

  • Dian Erwira Harahap IPTS TAPSEL
  • Nabilah Siregar
  • Dwi Aninditya Siregar
Keywords: Kata Kunci : Gambaran Peta Konsep, Hasil Belajar Siswa, Pengaruh Peta Konsep

Abstract

Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran umum mengenai peta konsep, hasil belajar siswa setelah menggunakan peta konsep dan seberapa besar pengaruh peta konsep terhadap hasil belajar siswa dalam pembelajaran luring materi sel kelas X SMK N 3 Padangsidimpuan. Metode yang digunakan peneliti untuk membahas permasalahan yang dihadapi serta menguji hipotesis yang diujikan maka peneliti menggunakan metode eksperimen.Hasil penelitian gambaran penggunaan peta konsep pada kelas kontrol memiliki nilai rata-rata 60 dan pada kelas eksperimen memiliki nilai rata-rata 76, hasil belajar siswa sebelum menggunakan metode konvensional pada kelas kontrol memiliki nilai rata-rata 59 dan setelah menggunakan metode konvesional memiliki nilai rata-rata 59 sedangkan pada kelas eksperimen nilai rata-rata siswa sebelum menggunakan peta konsep sebesar 57 dan setelah menggunakan peta konsep nilai rata-rata siswa 73. Dan hasil uji Paired Samples Test yang telah dilakukan pada kelas eksperimen dan kelas kontrol diatas dapat disimpulkan bahwa H0 pada kelas eksperimen dan kelas kontrol ditolak dan Ha diterima karena nilai sig (2-tailed) pada kelas eksperimen dan kelas kontrol lebih kecil dari 0.05.

 

Kata Kunci : Gambaran Peta Konsep, Hasil Belajar Siswa, Pengaruh Peta Konsep

Published
2021-12-01
How to Cite
Harahap, D., Siregar, N., & Siregar, D. (2021, December 1). PENGARUH PETA KONSEP TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN LURING MATERI SEL KELAS X SMK N 3 PADANGSIDIMPUAN. JURNAL EDUGENESIS, 4(2), 33-38. Retrieved from https://jurnal.ipts.ac.id/index.php/BIOESA/article/view/2707