ANALISIS KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA PADA MATERI DALAM PEMBELAJARAN DARING DI SMK NEGERI 3 PADANGSIDIMPUAN
Abstract
Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Keterampilan Proses Sains siswa pada materi sel dalam pembelajaran daring di SMK Negeri 3 Padangsidimpuan. Jenis penelitian ini adalah deskriftif kualitatif dengan melibatkan informan penelitian sebanyak 36 siswa di kelas X Busana 4 SMK Negeri 3 Padangsidimpuan dan guru mata pelajaran Biologi SMK Negeri 3 Padangsidimpuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam pengambilan data adalah angket, dan wawancara. Teknik analisis data pada penelitian menggunakan triangulasi data yaitu reduksi data, penyajian data, verifikasi data, dan kesimpulan. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, diperoleh hasil angket yaitu pada indikator mengamati 71,5%, menanya 77,8%, mengumpulkan data 66,7%, mengasosiasikan 75%, dan mengkomunikasikan 62,5%, dengan hasil rata-rata keseluruhan 70,7% berada pada kategori baik. Hasil wawancara dengan guru mata pelajaran biologi diperoleh bahwa pada penerapan Keterampilan Proses Sains ditemukan lebih dari 50% siswa yang telah aktif mengikuti pembelajaran pada materi sel dalam pembelajaran daring melalui Googgle Cassroom.
Kata Kunci: Keterampilan Proses Sains, sel, pembelajaran daring.