EFEKTIVITAS PENGGUNAAN PEMBELAJARAN DARING TERHADAP KARAKTER SISWA KELAS X DI SMK NEGERI 1 MARANCAR
Abstract
Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penggunaan pembelajaran daring efektif terhadap karakter siswa pada materi sistem integumen kelas X di SMK Negeri 1 Marancar. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 1 Marancar yang beralamat Jln. Raya Marancar KM. 7,8 Desa Gunung Binanga Kode Pos 22738 dengan waktu yang ditetapkan mulai bulan Maret sampai April. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Populasi dan Sampel penelitian ini seluruh siswa kelas X yang berjumlah 45 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah total sampling dengan design One Shot Case Study. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi dan angket. Teknik analisis data yang dilakukan dalam penelitian ini yaitu dengan analisis deskriptif dan statistik inferensial. Hasil perhitungan penggunaan pembelajaran daring materi sistem integumen diperoleh nilai rata-rata 76,88, yang berada pada kategori “Baik”. Sedangkan karakter siswa diperoleh nilai rata-rata 78,77 yang berada pada kategori “Baik”. Berdasarkan perhitungan yang dilakukan diperoleh hasil nilai “Fhitung” sebesar 20,5 dan nilai “Ftabel” sebesar 11,1. Maka dapat disimpulkan bahwa Fhitung lebih besar dari pada Ftabel (Fhitung > Ftabel = 20,5 > 11,1). Berarti hipotesis yang ditegakkan pada penelitian ini dapat diterima dan disetujui. Artinya penggunaan pembelajaran daring efektif terhadap karakter siswa kelas X di SMK Negeri 1 Marancar.
Kata Kunci : Pembelajaran Daring, Karakter Siswa, Sistem Integumen.
ABSTRACT
The aim of this study is to describe the effectiveness of online learning on students’ character at the tenth grade students of SMK Negeri 1 Marancar. The research was conducted by applying quantitative with 30 students as the sample and they were taken by using total sampling technique. Observation and questionnaire were used in collecting the data. Based on descriptive analysis, it was found: (a) the average of online learning is 76.88 (good category) and (b) the average of students’ character is 78.77 (good category). Furthermore, based on inferential statistics shows Ftable is less than Fcalculated (11.1 >20.5). It means, online learning has effectiveness on students’ character at the tenth grade students of SMK Negeri 1 Marancar.
Keywords: online learning, students’ character, integument