ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI KELAS X IPA DI KELURAHAN LUMUT KABUPATEN TAPANULI TENGAH

  • Afrina Harahap institut pendidikan tapanuli selatan
  • Rizky Amelia Dona Siregar
  • Itgo Hatci

Abstract

Abstrak.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambarankemampuanberpikirkritissiswa pada matapelajaranbiologikelas X IPA di kelurahanlumutkabupatentapenulitengah. Jenis metode yang digunakan adalah dekriptifkualitatif. DenganmelibatkanRespondensebanyak 30 siswa IPA Kelas X di kelurahanlumutkabupatentapanulitengah. Instrumenpengmbilan data denganmenggunakanangket. Teknik analisis data menggunakanreduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil penelitianmenunjukkankemampuanberpikirkritissiswa di perolahnilai rata-rata 65,25 berada pada kategoricukup. Dengan rincian sebagai berikut interprestasi sebesar 87% berada pada kategori sangat baik,analisis sebesar 78% berada pada kategoribaik, evaluasi sebesar 38% berada pada kategori gagal dan inferensi sebesar 58 % berada pada kategori kurang.

Published
2024-04-01
How to Cite
Harahap, A., Siregar, R., & Hatci, I. (2024, April 1). ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI KELAS X IPA DI KELURAHAN LUMUT KABUPATEN TAPANULI TENGAH. JURNAL EDUGENESIS, 7(1), 6-8. Retrieved from https://jurnal.ipts.ac.id/index.php/BIOESA/article/view/1883