PENINGKATAN KARAKTER SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE DI SMA NEGERI 1 BATANGTORU
Abstract
Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana karakter siswa di SMA Negeri 1 Batang Toru, untuk mendeskripsikan bagaimana penerapan model pembelajaran Think Talk Write di SMA Negeri 1 Batang Toru dan untuk mengetahui apakah ada peningkatan karakter siswa melalui model pembelajaran Think Talk Write di SMA Negeri 1 Batang Toru. Sebagai populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas SMA Negeri 1 Batangtoru yang terdiri dari 3 kelas IPA berjumlah 117 siswa. Sedangkan sampel yang diambil adalah Kelas X IPA 1 SMA Negeri 1 Batangtoru Tahun Ajaran 2018-2019 yang berjumlah 35 siswa. Berdasarkan perhitungan diperoleh thitung = 3,13 dan ttabel = 1,63 sehingga -1,63 < 4,18 > 1,63 dengan demikian hipotesis diterima yang berbunyi “Ada peningkatan karakter siswa melalui model pembelajaran Think Talk Write di SMA Negeri 1 Batang Toru” Dengan demikian diperoleh kesimpulan bahwa model pembelajaran Think Talk Write dapat meningkatkan karakter siswa di SMA Negeri 1 Batang Toru. Dalam mempelajari ekosistem sangat diperlukan pengetahuan dan pemahaman konsep yang dipelajari. Oleh karena itu, guru hendaknya mampu merangsang daya ingat siswa dan berusaha untuk dapat melihat hubungan antara materi yang satu dengan materi yang lain sehingga memiliki keterkaitan.
Kata Kunci: Model Think Talk Write, Karakter Siswa, Padangsidimpuan