PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA PADA MATERI SISTEM ENDOKRIN DI KELAS XI IPA SMA NEGERI 1 PADANG BOLAK JULU
Abstract
Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran picture and picture terhadap hasil belajar biologi siswa pada materi sistem endokrin di kelas XI IPA SMA Negeri 1 Padang Bolak Julu. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Padang Bolak. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain one group pretest posttest desaign. Populasi penelitian ini seluruh siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Padang Bolak yang berjumlah tiga kelas dengan jumlah 79 siswa. Sampel dalam penelitian ini yaitu kelas XI IPA 1 dan berjumlah 26 siswa dengan teknik random sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan tes. Selanjutnya data yang telah terkumpul dianalisis dengan dua cara yaitu analisis deskriptif dan analisis statistik inferensial. Berdasarkan hasil analisis data yang dilakukan diketahui bahwa gambaran penggunaan model pembelajaran picture and picture diperoleh nilai sebesar 2.68 berada pada kategori baik. Gambaran hasil pretest diperoleh nilai rata-rata sebesar 70.17 berada pada kategori “cukup”. Sedangkan hasil posttestdiperoleh nilai rata-rata sebesar 77.27 berada pada kategori “baik”. Berdasarkan hasil uji hipotesis diperoleh hasil nilai thitung lebih besar dari ttabel yakni 5.028 > dari 1,711 artinya terdapat pengaruh yang signifikan antara penggunaan model pembelajaran picture and picture terhadap hasil belajar biologi siswa pada materi sistem endokrin di kelas XI IPA SMA Negeri 1 Padang Bolak Julu.
Kata kunci: Metode Picture and Picture, Hasil Belajar Sistem Endokrin