PENGUNAAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASI JELAJAH ALAM SEKITAR ( JAS) TERHADAP KARAKTER SISWA MATA PELAJARAN BIOLOGI SISWA KELAS X SMA NEGERI 2 SIABU
Abstract
Abstrak.Berdasarkan penelitian di SMA Negeri 2 Siabu di temukan permasalah yaitu penggunaan perangkat pembelajaran biologi masih minim untuk membentuk karakter siswa,maka dengan masalah tersebut penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan perangkat pembelajaran berbasis jelajah alam sekitar (JAS) terhadap karakter siswa mata pelajaran biologi siswa kelas X SMA Negeri 2 Siabu. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adaah metode penelitian yang melibatkan sampel sebanyak 23 peserta didik kelas X IPA 1 SMA Negeri 2 Siabu dengan Instrument penelitian adalah angket, observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis inferensial. Hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan perangkat pembelajaran JAS pada lembar observasi diperoleh nilai rata-rata 92,5 berada pada kategori sangat baik. Adapun data nilai karakter peserta didik diperoleh nilai rata-rata 70,36 berada pada kategori baik, dan dat nilai penggunaan perangkat pembelajran JAS terhadap karakter peserta didik pada mata pelajaran biologi diperoleh nilai rata-rata 84,34dengan kategori sangat baik. Pada uji normalitas penggunaan perangkat pembeljaran berbasis JAS pada mata pelajaran biologi diperoleh data berdistribusi normal yaitu -98,95 < 3,841dan karakter peserta didik pada mata pelajaran biologi yaitu–105<14,06 dan uji homogenitas penggunaan perangkat pembelajaran berbasis JAS terhadap karakter peserta didik mata pelajaran biologi siswa kelas X SMA Negeri 2 Siabu diperoleh data homogen yaitu 2,01 < 3,49, uji-t dipeoleh nilai data sebesar 0,000<0,05, dengan demikian dapat di tarik kesimpulan yaitu Ha diterima dan Ho ditolak. Artinya terdapat pengaruh penggunaan perangkat pembelajaran berbasis jelajah alam sekitar (JAS) terhadap karakter siswa mata pelajaran biologi siswa kelas X SMA Negeri 2 Siabu.
Kata kunci : Jelajah Alam Sekitar (JAS), Karakter Siswa, Pembelajaran Biologi