ANALISIS AKTIVITAS BELAJAR SISWA DENGAN PEMANFAATAN LINGKUNGAN SEKOLAH SEBAGAI SUMBER BELAJAR MATA PELAJARAN BIOLOGI DI KELAS X SMA NEGERI 1 ANGKOLA TIMUR
Abstract
Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk Analisis Aktivitas Belajar Siswa Dengan Pemanfaatan Lingkungan Sekolah Sebagai Sumber Belajar Mata Pelajaran Biologi di Kelas X SMA Negeri 1 Angkola Timur. Jenis penelitian ini adalah dekriptif kualitatif dengan melibatkan responden sebanyak 49 siswa IPA Kelas X SMA Negeri 1 Angkola Timur. Instrument pengambilan data adalah wawancara, angket dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data,penyajian data dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan aktivitas belajar siswa diperoleh nilai rata-rata 80,5% yang berada pada kategori sangat baik. Dengan rincian sebagai berikut aktivitas pandang sebanyak 83% berada pada kategori sangat baik, aktivitas lisan sebanyak 84% berada pada kaegori sangat baik, aktivitas mendengarkan sebanyak 76% berada pada kategori baik dan aktivitas tulis sebanyak 79% berada pada kategori sangat baik. Hasil penelitian pemanfaatan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar di peroleh nilai rata rata 82,5% yang berada pada kategori sangat baik. Dengan rincian sebagai berikut metode mengajar 81%, berada pada aktegori sangat baik disiplin sekolah 83%, berdaa pada kategori sangat baik alat pelajaran 82% berada pada kategori sangat baik dan waktu sekolah 85% berada pada kategori sangat baik.
Kata kunci : Aktivitas belajar, pemanfaatan lingkungan sekolah, sumber belajar, Biologi