PERBANDINGAN HASIL BELAJAR PADA MATERI POKOKPLANTAEYANG MENGGUNAKAN TEKNIK PEMBELAJARAN BERMAINPERAN DENGAN TEKNIK PEMBELAJARAN KERJA KELOMPOKDI KELAS X SMA NEGERI 4 PADANGSIDIMPUAN
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui data hasil belajar siswa yang diajar menggunakan teknik pembelajaran bermain peran pada materi pokok Plantae di kelas X SMA Negeri 4 Padangsidimpuan, untuk mengetahui data hasil belajar siswa yang diajar menggunakan teknik pembelajaran kerja kelompok, dan untuk mengetahui apakah ada perbedaan hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan teknik pembelajaran bermain peran dengan teknik pembelajaran kerja kelompok pada materi pokok Plantae di kelas X SMA Negeri 4 Padangsidimpuan.Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMA Negeri 4 Padangsidimpuan X 1 yang terdiri dari 40 siswa dan kelas X 2 terdiri dari 40 siswa dari hasil analisis data diperoleh nilai rata-rata hasil belajar siswa yang menggunakan Teknik Pembelajaran bermain Peran adalah 29,5 denagn simpang baku 2,44dan nilai rata-rata hasil belajar siswa yang menggunakan Teknik Pembelajaran Kerja Kelompok adalah 28,95 dengan simpang baku -0,98 kemudian hipotesis diperolehthitung = 33 dengan ttabel = 1,99 maka setelah dibandingkan thitung> ttabel,( 33 >1,99 ) berarti Ha diterimah dan Ho ditolak, maka sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa yang menggunakan Teknik Pembelajaran Bermain Peran dengan Teknik Pembelajaran Kerja kelompok pada materi Pokok Plantae di Kelas X SMA Negeri 4 Padangsidimpuan.
Kata Kunci: Bermain Peran, Kerja Kelompok, Padangsidimpuan