PENGARUH PENGGUNAAN MODEL THINK TALK WRITE (TTW) PADA MATA KULIAH BAHASA INGGRIS BIOLOGI TERHADAP HASIL BELAJAR MAHASISWA
Abstract
Tujuan diadakan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran Think Talk Write (TTW) terhadap hasil belajar mahasiswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa semester VInstitut Pendidikan Tapanuli Selatan yang berjumlah 25 orang dan semuapopulasi dalam penelitian ini dijadikan sebagaisampel penelitian. Adapun metode pengambilansampel yaitu dilakukan secara total sampling, yaitupengambilan seluruh jumlah populasi.Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuasi eksperimen, rancangan penelitian ini menggunakan Pretest dan Posttest. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa tes. Teknik analisis data yang digunakan untuk mengolah datadari hasil penelitian adalah analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial menggunakan SPSS 16.0.Analisis data menggunakan uji-t, diperoleh nilai Sig = 0,00 < 0,05, berada pada daerah penolakan H0 yang berarti hipotesis H0 ditolak dan hipotesisHa diterima. Hal ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan model pembelajaran Think Talk Write (TTW) terhadap hasil belajar mahasiswa Bahasa Inggris Biologi.