PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA BIOLOGI DI KELAS X SMA NEGERI 1 ANGKOLA BARAT
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh yang signifikan antara penggunaan model pembelajaran problem based learning terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa biologi kelas X SMA Negeri 1Angkola Baarat. Jenis penelitian ini adalah metode penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Angkola Barat yang terdiri dari 3 kelas dengan jumlah 107 siswa, yang menjadi sampel penelitian sebanyak 35 siswa. Tehnik pengambilan sampel yang digunakan adalah Cluster Random Sampling. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi dan angket. Hasil perhitungan dari model pembelajaran problem based learning di peroleh nilai rata-rata 85,86 berada pada kategori “Sangat Baik”. Sedangkan kemampuan berpikir kreatif siswa dengan menggunakan model pembelajaran problem based learning diperoleh nilai rata-rata 91,86 yang berada pada kategori “Sangat Baik”. Berdasarkan hasil perhitungan menggunakan aplikasi software SPSS 2.2 dengan hasil siknifikasi sebesar 0,000 <0,05 berarti hipotesis di terima. Artinya terdapat pengaruh yang signifikan antara penggunaan model problem based learning terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa biologi di kelas X SMA Negeri 1
Kata kunci : Problem Based Learning, Berpikir Kreatif