HUBUNGAN PENGUATAN YANG DIBERIKAN OLEH GURU DENGAN MINAT BELAJAR BIOLOGI SISWA DI KELAS X SMA NEGERI 1 SIBABANGUN

  • andong esteria simamora IPTS TAPSEL
  • Rabyatul Adawiyah Siregar
  • Nora Alisa Pulungan
Keywords: Kata kunci : Penguatan Yang Diberikan Guru, Minat Belajar

Abstract

Abstrak

            Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat hubungan yang signifikan antara penguatan yang diberikan oleh guru dengan minat belajar biologi siswa di kelas X SMA Negeri 1 Sibabangun. Penelitian ini berlangsung selama ± 3 bulan yaitu mulai terhitung dari Juni - Agustus 2019 dimulai dari pengambilan data sampai pengolahan data hasil penelitian. Untuk itu penelitian ini mencakup dua variabel yaitu penguatan yang diberikan oleh guru sebagai variabel X dan minat belajar siswa sebagai variabel Y. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Sibabangun, dengan sampel penelitian sebanyak 35 siswa dan sampel penelitian diambil dengan cara cluster sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket, yang berisi penguatan yang diberikan oleh guru dan minat belajar biologi. Berdasarkan hasil perhitungan analisis deskriptif maka diperoleh nilai rata-rata penguatan yang diberikan oleh guru adalah 70,14 jika dikonsultasikan berada pada kategori “baik” dan minat belajar siswa yaitu 72,73 berada pada kategori “baik” berdasarkan uji normalitas jika signifikan lebih besar dari 0,05 maka dinyatakan normal dan jika lebih kecil dari 0,05 maka dinyatakan tidak normal. Berdasarkan dari hasil uji normalitas yang didapat tentang penguatan yang diberikan oleh guru dengan minat belajar biologi diperoleh 0,200 berarti 0,200 > 0,05. Maka dapat disimpulkan bahwa data berdistribusi normal.

 

Kata kunci : Penguatan Yang Diberikan Guru, Minat Belajar

Published
2019-05-09
How to Cite
simamora, andong, Siregar, R., & Pulungan, N. (2019, May 9). HUBUNGAN PENGUATAN YANG DIBERIKAN OLEH GURU DENGAN MINAT BELAJAR BIOLOGI SISWA DI KELAS X SMA NEGERI 1 SIBABANGUN. JURNAL EDUGENESIS, 1(1), 51. Retrieved from https://jurnal.ipts.ac.id/index.php/BIOESA/article/view/1288